Sejarah google dan macam-macam layanannya

Sejarah google dan macam-macam layanannya

Kemajuan teknologi dalam hal jaringan menjadikan google sebagai perusahaan dengan mesin pencarinya bernama google makin digemari semua kalangan. Sebagian besar orang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya sejarah perusahaan ini hingga akhirnya google terkenal dan tidak asing bagi masyarakat dunia.

Bagi Anda yang belum mengetahui sejarah google tidak perlu khawatir dan takut dikatakan kurang informasi. Banyak rujukan yang dapat Anda jadikan sumber pencarian sejarah dari google serta perkembangannya hingga saat ini.

Setelah media online seperti internet dikembangkan dan terus disampaikan kepada masyarakat dunia, akhirnya kemajuan media online semakin meningkat serta menjadi kebutuhan dalam berbagai bidang kehidupan.
Asal Kata Google Sebagai Bagian Dari Sejarah Google

Menurut sebagian orang, sejarah google itu unik dan namanya pun juga unik. Google asal katanya dari Googlo. Ponakan Edward Kasner bernama Milton Sirotta yaitu seorang ahli matematika berkebangsaan Amerika Serikat yang membuat kata Googlo tersebut.

[clasik google] Kata Googlo termasuk dalam salah satu istilah yang digunakan untuk penyebutan angka satu kemudian diikuti angka nol. Jadi, penggunaan kata Google merupakan sebuah refleksi dari kata Googlo.

Kata Google sesuai sejarah google, memiliki dua huruf ‘o’. Hal tersebut menurut sebagian orang termasuk unik dengan alasan jika data hasil pencarian ditemukan, maka jumlah huruf ‘o’ akan tampak sesuai dengan banyaknya web yang telah didapat mesin pencarinya. Wajar jika ada yang mengatakan tentang asal katanya unik dan sejarahnya juga unik.
Pendiri Google Pertama Kali

Penemu google pertama kali hingga dikenal meluas oleh masyarakat dunia seperti sekarang ini memiliki arti penting bagi sejarah google. Jasa penemu google sangat beruntung karena mereka telah berhasil memperkenalkan sebuah perusahaan dengan mesin pencari yang menjadi raja di dunia jaringan hingga kini.

Berdasarkan sejarah google yang telah tersebar di beberapa media, Google didirikan oleh dua orang mahasiswa Ph. D. Keduanya menempuh gelar tersebut di salah satu universitas bernama Stanford. Mereka berdua bernama Larry Page dan Sergey Brin.

Awalnya pertemuan antara Page dan Brin tanpa sengaja, Page alumni S1 Universitas Michigan kemudian menikmati kunjungan akhir pekan ditemani Brin sebagai pengantarnya.

Kedua pendiri Google tersebut dalam sejarah google sering ditunjukkan melakukan diskusi, meski kadang muncul perbedaan pendapat maupun pandangan, tapi hal itulah yang menjadikan keduanya memiliki sebuah pendekatan unik. Sebuah pendekatan unik di antara keduanya dalam upaya menyelesaikan sebuah tantangan besar di dunia komputer yang terus mengalami perkembangan.

Tantangan besar tersebut yaitu bagaimana mendapatkan kembali data dari set data yang pasif. Sejarah google menunjukkan bahwa tepatnya pada bulan Januari 1996, kedua pendirinya mulai berkolaborasi membuat search engine dengan nama BackRub.

Keduanya terus berupaya melakukan penyempurnaan teknologi Google selama awal tahun 1998. Selain itu, keduanya juga memulai untuk mencari para investor dalam upaya pengembangan kecanggihan teknologi pada Google.

Perusahaan ini memiliki peran dalam pencarian internet serta iklan online. Perusahaan pusat Google memiliki basis di Mountain View, California dengan jumlah karyawan sebanyak 19.604 orang (data pada tanggal 30 Juni 2008).
Dalam catatan sejarah google selanjutnya disampaikan bahwa ada seorang investor bernama Andy Bechtolsheim (pendiri Sun Microsystem) sepakat dengan ide mereka berdua.

Keduanya menunjukkan demo dengan singkat kepada Andy. Andy memberikan investasinya berupa sebuah cek senilai seratus ribu dollar AS. Cek tersebut disampaikan kepada perusahaan Google.

Akhirnya kedua pendiri google ini mendirikan perusahaan pada tanggal 7 September 1998 dengan bantuan dana dari keluarga, teman serta sejawatnya sehingga cek dari Andy dapat dicairkan dengan perusahaan yang legal. Perusahaan tersebut resmi dibuka di Menlo Park, California.

Google Memiliki Perusahaan Sesuai Catatan Sejarah Google
Sejarah google terus berlanjut, setelah berdiri sebuah perusahaan atas ide kedua pendirinya yaitu Larry Page dan Sergey Brin perusahaan tersebut diberi nama secara resmi Google tepatnya pada tanggal 7 September 1998. Google menjadi sebuah perusahaan publik Amerika Serikat.

Sejarah google juga telah mencatat bahwa filosofi google yang telah dikenal oleh masyarakat dunia memiliki slogan. Slogan yang dimaksud yaitu ‘Don't be evil’ serta ‘Kerja harusnya menantang serta tantangan itu harusnya menyenangkan’. Slogan tersebut dapat menunjukkan tentang budaya perusahaan bertarget meski ada sisi santai di dalamnya.

Sejarah google menunjukkan tepatnya pada 4 September 1998, perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan saham pribadi. Adapun penawaran yang dilakukan dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004. Perusahaan tersebut telah mengumpulkan dana $1,67 miliar dan menjadikannya bernilai $23 miliar.

Adanya beragam jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan serta mitra menjadikan perusahaan ini menjadi luas dalam hal bisnis pencarian serta iklan. Pada mulanya areanya masih kecil, tapi akhirnya meluas hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, produktivitas perusahaan, pemetaan online serta bertukar video.

Sejarah Google Mencatat Perkembangan Google Hingga Saat Ini
Google merupakan mesin pencari di internet. Sesuai sejarah google serta mengamati perkembangannya, Google sangat populer di web dan di antara pengguna internet. Alasannya Google memiliki desain sederhana, bersih serta memberikan hasil pencarian relevan.

Google juga telah menerima sekitar dua ratus juta permintaan pencarian setiap harinya. Permintaan sebanyak itu melalui situsnya sendiri serta situs-situs web milik kliennya seperti American Online (AOL).

Perkembangan google semakin meningkat sesuai sejarah google yang telah ditunjukkan. Iklan pada google dijual sesuai keyword sehingga lebih relevan bagi penggunanya. Selain itu iklan tersebut harus menggunakan teks agar halaman rapi serta loadingnya cepat. Adanya konsep penjualan iklan sesuai keyword dimulai oleh Overture (dulu bernama Go To.com).

Google mendapatkan keuntungan lebih banyak ketika perusahan dotcom lainnya mengalami masa kemerosotan hingga bangkrut karena Google memperkuat pengaruhnya. Tepatnya pada bulan September 2001, sejarah google menunjukkan mengenai perkembangan google dari segi mekanisme peningkatan Google (PageRank).

Mekanisme tersebut diberikan suatu hak paten Amerika Serikat. Leland Stanford University secara resmi mendapatkan hak paten tersebut. Selain itu juga dicantumkan nama penemunya Lawrence Page. Selanjutnya pada bulan Februari 2003, Pyra Labs, pemilik blogger, sebuah situs web pionir serta pemimpin hosting weblog telah dibeli Google.

Hal tersebut merupakan langkah yang menjadikan Google dapat memakai informasi dari postingan blog sehingga dapat melakukan perbaikan kecepatan serta relevansi artikel Google News. Sesuai sejarah google yang disebar di berbagai media, Google mengalami kejayaan pada awal tahun 2004.
Sejarah Google dan Perkembangannya

Internet atau sering juga disebut dengan dunia maya menyajikan berbagai macam informasi dan hiburan. Mulai dari pelajaran sekolah, ilmu politik, berita terkini, film, musik, dan berbagai informasi lainnya bisa kita temukan di internet. Saking banyaknya informasi dan hiburan yang ada di internet, Anda tidak akan pernah habis untuk menelusurinya. Jutaan atau bahkan miliaran data baru dimasukkan ke dalam internet setiap harinya.

Internet memang layak disebut sebagai dunia tanpa batas. Dengan dunia tanpa batas itu, apakah kita bisa menemukan informasi ataupun hiburan yang kita inginkan? Tentu saja bisa, yaitu dengan menggunakan mesin pencari. Diantaranya adalah Google. Anda bisa mengunjunginya di alamat www.google.com. Sejarah Google begitu panjang dan menggambarkan betapa kesuksesannya saat ini merupakan hasil dari kerja keras para pendirinya.
Awal Mula Google Terbentuk

Awal mula terbentuknya Google bisa dibilang secara kebetulan. Berawal dari pertemuan antara Larry Page, yang waktu itu berusia 24 tahun dan alumnus Universitas Michigan, dengan Sergey Brin yang berusia 23 tahun pada tahun 1995. Saat itu Larry Page sedang melakukan kunjungan akhir pekan dan diantar oleh Sergey. Dari perbincangan singkat antara Sergey dan Larry tentang mesin pencari yang ada di internet, kedua orang ini sepakat untuk menciptakan mesin pencari yang lebih efektif.

Setelah beberapa lama melakukan riset, akhirnya pada tahun 1996 mereka berhasil menciptakan mesin pencari yang kemudian diberi nama Backrub. Mereka terus menyempurnakan mesin pencari Backrub dan mulai mencari investor untuk proyek mereka.
Dari Googol ke Google

Andy Bechtolsheim akhirnya setuju untuk memberikan investasi sebesar 100.000 dolar dalam bentuk cek, dengan syarat nama mesin pencari tersebut diganti dengan Googol, yaitu sebuah kata yang berarti bilangan satu dengan 100 angka 0 dibelakangnya. Tetapi secara tidak sengaja, Andy salah ketik dan menuliskan cek itu untuk perusahaan Google. Tentu saja hal itu membuat cek tersebut tidak bisa dicairkan karena waktu itu belum ada perusahaan yang bernama Google.

Walaupun menurut mereka nama itu unik, tetapi mereka bingung bagaimana mendirikan perusahaan tersebut. Akhirnya Sergey dan Larry kembali mencari investor lain dan berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta dolar. Dengan uang itu, mereka bisa membuat perusahaan dengan nama Google dan mencairkan cek dari Andy Bechtolsheim.
Menjadi Mesin Pencari Terbesar

Setelah Google resmi diluncurkan, banyak yang memandang sebelah mata bahwa mereka tidak akan bisa meraih sukses. Saat itu, mesin pencari di internet belum banyak digunakan oleh pengguna internet. Tetapi seiring berjalannya waktu, orang-orang semakin banyak yang menggunakan mesin pencari Google dan membuat Google menjadi mesin pencari nomor satu yang paling banyak digunakan orang.

Sejarah Google ini membuktikan bahwa pandangan ke depan dari Sergey dan Larry telah berhasil membuat Google menjadi pionir di bidang mesin pencari internet.



MACAM LAYANAN GOOGLE

Berikut adalah macam-macam layanan dari Google :

1. Google Maps

Apa itu Google Maps? Google Maps adalah layanan dari Google yang berpa peta globe virtual. Kita dapat melihat lokasi-lokasi yang belum pernah kita lihat melalui Google Maps ini. Google Maps dapat diakses melalui http://maps.google.com , jika Anda menginnginkan Versi Desktopnya, Anda dapat mengunduh Google Earth.

2. Gmail

Sudah tidak asing lagi bagi kita apa itu Gmail. Yap, Gmail merupakan layanan email gratis dari Google. Dengan fitur yang lengkap seperti POP3, SMTP, Video Chat, Call, SMS. Untuk menggunakannya bisa melalui http://gmail.com

3. Google Docs

Bagi yang bekerja dengan office dan pekerjaannya ingin dikerjakan bersama-sama dengan rekan yang berlokasi dibeda tempat, Google Docs adalah jawabannya. Google Docs merupakan layanan Google untuk membuat,mengedit, dan berbagi dokumen office (word,excel,powerpoint,form,dll) secara online. Untuk menggunakannya Anda harus memiliki Account Google. https://docs.google.com

4. Google Chrome

Merupakan sebuah browser dari Google yang menawarkan kecepatan dalam aksesnya. Google Chrome telah banyak dipakai oleh semua orang karena penggunaannya yang ringan dan tidak banyak memakan memori. Untuk Download Google Chrome Terbaru silahkan klik di sini

5. Google Groups

Layanan Google sebagai media forum diskusi. Untuk dapat menggunakan layanan ini Anda harus memiliki Account Google. Untuk mengaksesnya dapat melalui http://groups.google.com/

6. Google Translate

Bagi yang kurang mengerti bahasa asing, Google Translate adalah jawabannya. Dengan Google Translate Anda dapat menerjemahkan kata dan kalimat ke dalam bahasa lain di seluruh dunia. http://translate.google.com

7. Google Calender

Denagn Google Calender anda dapat mengatur jadwal anda maupun komunitas Anda sehingga dapat memudahkan untuk suatu acara. http://www.google.com/calendar/

8. Google Adsense

Layanan Google yang satu ini tentunya sangat disukai bagi kaum blogger. Google Adsense memberikan kemudahan bagi para blogger untuk mencari penghasilan tambahan melalui blognya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Google Adsense silahkan kunjungi situs resminya http://www.google.com/adsense/

9. Google Books

Dengan Google Books Anda dapat mencari Buku-buku dari yang terlama hingga terbaru. Google Books juga dapat dikatakan sebagai toko buku online milik Google. http://books.google.com

10. Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools sangat cocok bagi anda pemilik web. Dengan Google Webmaster Tool anda dapat merawat dan mengelola web anda dari segi SEO (Seacrh Engine Optimation). Sehingga web anda dapat optimal dan friendly dengan mesin pencari Google.

11. Google Adwords

Layanan dari Google yang menjadi jembatan bagi para pemilik produk atau situs untuk beriklan di jaringan Google AdSense. Di dalam Google Adwords juga terdapat Keyword Tool yang fungsinya untuk mencari dan menemukan keyword yang paling banyak dicari orang. http://adwords.google.com

12. Google Plus (Google+)

Merupakan layanan terbaru dari Google, yaitu berupa jejaring sosial yang diluncurkan oleh Google. Saat ini Google plus telah beranggotakan lebih dari 20 juta pengguna. http://plus.google.com

13. Google Sites

Apa itu Google Sites? Google Sites merupakan layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk dapat membuat web secara instan tanpa harus memikirkan kode program,sehingga tinggal memakai. http://sites.google.com

14. Blogger.com atau Blogspot

Merupakan produk dan layanan dari Google yang digunakan untuk membuat blog secara gratis. Telah banyak yang telah menggunakan layanan blogger.com ini. http://blogger.com atau http://blogspot.com

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...