Makalah singkat tentang tsunami

Makalah singkat tentang tsunami

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa, dengan rahmat danhidayahNya akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Dan tidak lupa kami ucapkanterimakasih kepada guru PLH dan teman-teman kami karena dalam proses pembuatamakalah ini tidak lepas dari peran serta guru PLH dan teman-teman kami.Makalah ini kami buat agar dapat menjadi acuan dasar bagi kita semua terutama bagisiswa-siswi untuk mengetahui hal yang berkaitan dengan tsunami. Semoga makalah ini dapatmenambah pengetahuan para siswa-siswi tentang tumbuh-tumbuhan dan dapat diaplikasikanndikehidupan sehari-hari.Demikian makalah ini kami buat semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, danmohon maaf bila di dalam kajian-kajian makalah ini masih terdapat kekurangan yangmungkin belum dapat menjelaskan secara detail mengenai aspek-aspek yang ada dalammakalah ini.Sekian terima kasih.














DAFTAR ISI


BAB I

A.LATAR BELAKANG..................................................................................................

B.RUMUSAN MASALAH..............................................................................................

C.TUJUAN........................................................................................................................


BAB II
A.PENGERTIAN TSUNAMI.......................................................................................

B.PENYEBAB TSUNAMI...........................................................................................

C.TANDA-TANDA AKAN TERJADI TSUNAMI.....................................................

D.RAMBATAN TSUNAMI.........................................................................................

E.KERUGIAN AKIBAT TSUNAMI...........................................................................

BAB III

A.KESIMPULAN..........................................................................................................






BAB 1
PENDAHULUAN




A.Latar belakang

Sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut dan samudera, Indonesiasangat berpotensi terkena tsunami. Tsunami sendiri merupakn bencana besar yangsanggup menghancurkan apa yang menghadangnya. Maka dari itu kami membuatmakalah ini untuk menjelaskan apa itu Tsunami dan faktor – faktor yangmenimbulkan Tsunami.


B.Rumusan masalah
a.     Apa itu Tsunami?
b.     Apakah penyebab terjadi Tsunami?
c.      Apakah cirri-ciri akan datangnya Tsunami?
d.     Kerugian apa saja yang di akibatkan Tsunami?


C.Tujuan

Untuk menjelaskan tentang Tsunami mulai dari penyebabnya, cirri-cirinya,dan apa saja keruskan yang bias di timbulkan olehnya



  






BAB 2
ISI



A.Pengertian Tsunami

Tsunami adalah kata berbahasa Jepang yang berarti gelombang ombak lautan(tsu artinya lautan, nami berarti gelombang ombak). Tsunami adalah serangkaiangelombang ombak raksasa yang timbul karena adanya pergeseran di dasar lautakibat gempa bumi.Gelombang ombak yang ditimbulkan memiliki kecepatan 600 mil per jam(hampir 1.000 km per jam) atau sama dengan kecepatan rata-rata pesawat udara.Tinggi gelombang bisa mencapai 6 sampai 14 meter untuk ukuran rata-rata, tapi bisa juga mencapai 30 eter. Gelombang tsunami bisa menghantam daratan selama5 sampai 30 menit.

B.Penyebab Tsunami

Tsunami tidak akan terjadi jika tidak ada faktor pemicu.
 Faktor penyebabterjadinya tsunami ini adalah:

1.Gempa bumi yang berpusat di bawah laut
Meskipun demikian, tidak semua gempa bumi dibawah laut berpotensimenimbulkan tsunami. Gempa bumi dasar laut dapat menjadi pernyebabterjadinya tsunami adalah gempa bumi dengan kriteria sebagai berikut:

•Gempa bumi yang terjadi di dasar laut.
•Pusat gempa kurang dari 30 km dari permukaan laut.
•Magnitudo gempa lebih besar dari 6,0 SR 
•Jenis pensesaran gempa tergolong sesar vertikal (sesar naik atauturun).

2.Letusan Gunung Berapi
Letusangunung berapi dapat menyebabkan terjadinya gempa vulkanik (gempa akibat letusan gunung berapi). Tsunami besar yang terjadi padatahun 1883 adalah akibat meletusnya Gunung Krakatau yang berada diSelat Sunda. Meletusnya Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat padatanggal 10-11 April 1815 juga memicu terjadinya tsunami yang melandaJawa Timur danMaluku. Indonesia sebagai negara kepulauan yang beradadi wilayah
ring of fire
(sabuk berapi) dunia tentu harus mewaspadaiancaman ini.

3.Longsor bawah laut.
Longsor bawah laut ini terjadi akibat adanya tabrakan antara lempengsamuderadan lempeng benua. Proses ini mengakibatkan terjadinya palunglaut dan pegunungan. Tsunami karena longsoran bawah laut ini dikenaldengan nama
tsunamic submarine landslide

4.Hantaman Meteor di Laut
Jatuhnyameteor berukuran besar di laut juga merupakan penyebabterjadinya tsunami.

C.Tanda-tanda akan terjadi Tsunami

Tanda-tanda akan datangnya tsunami di daerah pinggir pantai adalah :
•Air laut yang surut secara tiba-tiba.
•Bau asin yang sangat menyengat.
•Dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangatkeras.

D.Rambatan Tsunami

Kecepatan rambatgelombang tsunami berbeda-beda, tergantung pada kedalaman laut. Di laut dalam, kecepatan rambat tsunami mencapai 500 – 1000km per jam atau setara dengan kecepatan pesawat terbang namun ketinggiangelombangnya hanya sekitar 1 meter.Ketika gelombang tsunami ini sudah mendekati pantai,kecepatan rambatnya hanya sekitar 30 km per jam, namun ketinggian gelombangnya bisa mencapai puluhan meter. Ini sebabnya banyak orang yang sedang berlayar di laut dalam tak menyadari adanya tsunami. Mereka baru mengetahui tsunami telah terjadi ketikatiba di daratan dan menyaksikan kehancuran mengerikan yang disebabkan olehtsunami.

E.Kerugian akibat Tsunami.

Kerugian akibat Tsunami tentu saja sangat besar, di antaranya adalah rusaknyainfrastuktur akibat tejangan air yang besar dan kkorban jiwa yang tentu tidak sedikit.







BAB 3
PENUTUP



A.Kesimpulan


Tsunami merupakan bencana alam yang disebabkan oleh gelombang besar laut, tsunami sendiri bias timbul karena beberaa hal seperti akibat oleh gempa bumiyang terjadi didalam laut.

Bencan tsunami sangat membawa kehancuran karena gelombang laut yangdatang sangat besar, sehingga pada bencana tsunami banyak korban jiwa maupunharta benda yang hilang.

sumber : http://cahyocenok.blogspot.com

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...