Virus yang menyerang manusia

Virus yang menyerang manusia
Virus yang menjangkit pada manusia jumlahnya banyak dan tidak dapat terhitung. Berikut ini adalah beberapa jenis virus yang menginfeksi pada manusia.
1. HIV (Human Immunodeficiency Virus)
Virus ini sangat berbahaya. HIV adalah jenis virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia dan merusak fungsi sistemnya. Dampak dari serangan virus ini adalah berkurangnya sistem kekebalan tubuh dengan cepat.
HIV merupakan penyebab munculnya penyakit AIDS. Virus ini menular melalui hubungan kelamin, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, serta pada bayi saat dalam kandungan, jika ibunya terjangkit HIV.
2. Virus Flu Burung (Avian Influenza Virus)
Virus ini dikenal dengan sebutan H5N1. Virus yang menginfeksi manusia ini berasal dari unggas yang terinfeksi influenza. Virus ini sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya.
3. Virus Demam Berdarah
Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus yang disebut Flavivirus. Virus ini disebarkan pada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Orang yang terinfeksi virus ini mengalami gejala seperti demam tinggi yang disertai ruam pada kulit yang berwarna merah terang.
Gejala lainnya adalah mual, pusing, dan berkurangnya jumlah trombosit dalam darah. Jika tidak diobati dengan segera, penyakit akibat virus ini dapat menyebabkan kematian.
4. Virus Varicella zoster
Virus ini adalah virus yang menyebabkan penyakit cacar air. Orang yang terkena virus ini akan mengalami gejala, seperti demam, timbul gelembung-gelembung bernanah pada kulit wajah, tangan, kaki, dan seluruh tubuh. Penyakit ini dapat menular pada orang lain melalui kontak langsung, bersin, atau batuk.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...