Beberapa istilah di internet

Beberapa istilah di internet

Cracker
cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.

DSL
DSL (dari bahasa Inggris: Digital Subscriber Line) adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload lebih rendah dari download untuk ADSL dan sama cepat untuk SDSL.

Encription
Encryption adalah proses untuk “mengaburkan” informasi untuk membuat informasi tersebut tidak bisa dibaca tanpa pengetahuan khusus. Algoritma penyandian yang paling klasik adalah dengan subtitution, yaitu menukarkann huruf yang satu dengan yang lain. Algoritma yang cukup terkenal adalah “Caesar Cipher” (digunakan oleh Julius Caesar) yaitu dengan mengeser huruf (Shift Cipher). Julius Caesar menggunakan shift of 3 yaitu menggeser huruf 3 yaitu A -> D, B -> E dsb sampai X -> A, Y -> B, Z -> C. Untuk menuliskan OKTA dengna menggunakan algiritma ini menjadi RNWD.

Firewall
Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar.

Gateway
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.
Seiring dengan merebaknya internet, definisi gateway seringkali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "gateway" dengan "router" yang sebetulnya tidak benar.
Kadangkala, kata "gateway" digunakan untuk mendeskripkan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini muncul karena seringkali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer hanya terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar.
Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.

Hoax
Hoax adalah suatu kata yang digunakan untuk menunjukan pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang atau kejadian yang sebenarnya.

Logout
LOgout adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas.

Plug-in
Plug-in dalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama (suatu peramban web atau klien surel, sebagai contoh). Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar colok-masuk dapat berinteraksi dengan program utama. Sebagai contoh, colok-masuk biasanya digunakan pada peramban web untuk memutar video, memindai virus, dan menampilkan jenis berkas baru. Contoh colok-masuk yang dikenal adalah colok-masuk untuk Adobe Flash Player dan QuickTime. Pengaya atau pasang tambah[2] (add-on) juga sering dianggap sebagai istilah umum yang meliputi pengaya tertambat (snap-ins), colok-masuk, ekstensi, dan tema

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...