Dampak positif dan dampak negatif penggunaan Twitter

Dampak positif dan dampak negatif penggunaan Twitter


Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.
Saat ini media jejaring sosial sering kita gunakan untuk berkomunikasi dan kita manfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti menemukan teman lama, menambah teman baru, membuat suatu komunitas dengan orang-orang di berbagai daerah bahkan dengan berbagai negara ada pula yang memanfaatkannya sebagai media bisnis online. Untuk membatasi pembahasan mengenai berbagai macam jejaring sosial yang ada, saya akan membahas mengenai dampak penggunaan twitter bagi masyarakat.
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Twitter digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya tentang informasi, media sosialisasi dan promosi, tetapi kadang penggunaannya disalahgunakan untuk menyerang seseorang melalui “kicauannya” di twitter. Sehingga twitter memiliki dampak positif dan negatif untuk masyarakat.

Dampak Positif Twitter
1.    Menjalin silaturahmi, kita dapat berkomunikasi dengan teman-teman, saudara ataupun kenalan dari berbagai dunia dengan twitter tanpa harus memikirkan membayar pulsa roaming seandainya kita memakai telepon atau handphone.
2.    Refreshing, Twitter bisa digunakan untuk sedikit refreshing ditengah kepenatan anda bekerja dikantor, atau mencurahkan segala beban pikiran anda dengan memposting lewat twitter.
3.    Tempat curhat, Twitter bisa menjadi sarana curhat, kita tinggal menuliskan sepenggal kalimat yang menggirukan di kolom keadaan anda.
4.    Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
5.    Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
6.    Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
7.    Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
8.    Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
9.    Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
10.    Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
11.    Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
12.    Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
13.    Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya

Dampak Negatif Twitter
1.    Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
2.    Dibatasi sampai 140 karakter per update
3.    Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
4.    Lebih menekankan pada penghitungan follower
5.    Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
6.    Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
7.    Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas
8.    Dapat Mengurangi waktu efektif anda, karena anda bisa bermain Twitter berjam-jam.
9.    Dapat Menghabiskan uang Anda, Bisa saja anda bermain jam jam dan dapat menghabiskan uang anda jika bermain di warnet.
10.    Tugas sekolah tidak terhiraukan, para pelajar rela menghiraukan belajarnya demi bermain Twitter.
11.    Menimbulkan pertengkaran keluarga, karena status di Twitter tidak diganti sesuai dengan kenyataan. Pertengkaran bisa terjadi pada keluarga anda akibat bermain Twitter

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...