Contoh laporan hasil kegiatan

 BAB  I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Diantara sekian banyak faktor yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan, komponen yang paling menentukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah guru sebagai tenaga pendidik di sekolah. Karena guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik baik pada jenjang pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Agar tugas dan fungsi yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka mutlak diperlukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan kewajiban guru dalam melaksanakan pembelajaran/pembimbingan, dan/atau tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Penilaian kinerja guru ini dilakukan untuk menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan sekaligus menjaga profesionalitas seorang guru.
Selanjutnya, hasil penilaian kinerja guru tersebut, bersama-sama dengan hasil pelaksanaan kegiatan pengembangan diri, pengembangan publikasi ilmiah, dan/atau karya inovatif, dapat dikonversikan menjadi angka kredit yang diperlukan untuk kenaikan jabatan fungsional guru sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.
Pelaksanaan PK Guru tidak dimaksudkan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya PK Guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Penilaian terhadap kinerja guru diharapkan dapat menemukan secara tepat keadaan kegiatan guru di dalam kelas, dan medorong mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, yang pada akhirnya  akan memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan.
Oleh karena itu, untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang yang profesional di bidangnya dan sebagai penghargaan atas prestasi kerjanya, maka guru dituntut terus untuk meningkatkan profesionalitasnya secara terus-menerus melalui berbagai upaya ,antara lain melalui pendidikan, bimbingan teknis, workshop, pelatihan, dan kegiatan pendukung lainnya, baik melalui kegiatan didalam maupun diluar kelompok kerja. Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan akan mendukung pengembangan karir guru yang mampu membangun dan merealisasikan target pembangunan pendidikan nasional.
Sehubungan dengan itu, kompetensi, profesioanalisme,dan karir Pendidik dan Tenaga Pendidik (PTK) perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan melalui berbagai daya dan upaya.antara lain yaitu melalui pemberdayaan kelompok kerja PTK. kelompok perlu didukung untuk meningkatkan frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan eksistensinya dalam pengembangan karir anggotanya.oleh karena itu pengurus kelompok kerja PTK, termasuk pengurus musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Perlu didorong untuk memotivasi, mendisiplinkan,  mengembangkan, dan melakukan profesionalisasi diri dan seluruh anggotanya secara efektif, efesien dan berkelanjutan demi terwujudnya guru mata pelajaran SMP yang kompeten, professional, dan membanggakan dalam pelaksanaan karir PTK pendidikan dasar (DIKDAS), maka kelompok kerja kami perlu menyelenggarakannya, yang pada pelaksanaannya tentu memerlukan dukungan dan bantuan dari pihak Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud maupun dinas pendidikan setempat.
B. Dasar Hukum
1.    Undang-undang Dasar Republik IndonesiaTahun 1945: Pembukaan pada alinea ,dan Bab XIII pendidikan,pasal 31,ayat (1) dan ayat (2).
2.      Undang–undangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ,Bab XI Pendidikan dan Tenaga Kependidikan,pasal 30 sampai pasal 44.
3.      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
4.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tenteng Standar Pendidikan Nasional.
5.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun2008 tentang Guru
6.      Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan Angka Kreditnya.
7.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan jabatan fungsional Guru dan anka kreditnya.
                      
C. Tujuan
Laporan  ini disusun untuk mendapatkan dana bantuan langsung yang akan digunakan dalam  rangka pengembangan karir Pendidik dan tenaga Kependidikan (PTK) Dikdas di kelompok kerja sebagai berikut
1.  Meningkatkan aktivitas kelompok kerja terkait dengan upaya pembinaan dan pengembangan profesi dan karir  guru;
2.  Menjaga dan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru  yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kretivitas, dan inovatif dalam pengembangan karir.
3.  Meningkatkan kemampuan guru dalam memenuhi angka kredit yang diwajibkan dalam kenaikan pangkat, golongan, Ruang dan jabatan fungsional guru.
4.  Meningkatkan keberdayaan MGMP.
5.  Meningkatkan Frekuensi,intensitas dan kebermaknaan saling tukar menukar pikiran dan pengalaman antar anggota MGMP
D.   Sasaran
Sasaran peserta  :
1.   Guru dalam kelompok kerja  baik berkualifikasi akademik dibawah S-1 maupun  S-1
2.   Guru dalam kelompok kerja yang berstatus guru pemula, guru muda, guru dewasa atau guru senior
3.   Guru dalam kelompok kerja yang berasal dari sekolah maju dan kurang maju
4.   Guru dalam kelompok kerja yang memilki golongan IV/b dan dibawahnya.
E. Hasil Yang Diharapkan
1.  Terwujudnya peningkatan  aktivitas kelompok kerja yang terkait dengan upaya pembinaan dan pengembangan profesi dan karir  guru.
2.  Terwujudnya persamaan persepsi dan komitmen yang tinggi untuk mengembangkan karir guru.
3.  Terwujudnya peningkatan motivasi, frekuensi, dan intensitas kegiatan pengembanag karir guru.
4.  Terwujudnya peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan karir.
F. Manfaat
1.  Meningkatkan penguasaan dan kualitas kompetensi guru;
2.  Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah  peserta;
3.  Meningkatkan kualitas  layanan pendidikan di kelompok kerja;
4.  Meningkatkan kualitas MGMP sebagai wahana peningkatan kemampuan dan profesionalitas guru.
G. Dampak
1.    Meningkatkanya Frekuensi, intensitas dan kebermaknaan saling   tukar menukar
 pikiran dan pengalaman antar anggota MGMP

2.    Meningkatnya profesionalisme guruyang dibuktikan melalui perubahan prilaku, kreativitas, dan inovatif dalam pengembangan karir.
3.    Meningkatnya keberdayaan MGMP dalam pengembangan karir.
4.    Meningkatnya angka kredit guru dalam pengembangan karir

BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
A.     Tempat dan Waktu Kegiatan
1.    Tempat Kegiatan
Tempat dilaksanakannya Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara di SMPN 10 Kotabumi, Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara Kelapa Tujuh Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara.
2.    Waktu Kegiatan
Waktu Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan sejak bulan Juni sampai dengan bulan November 2012, mulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 13.00 WIB, atau sesui kebutuhan.
B.    Sarana dan Pra Sarana Kegiatan
1.    Sarana Kegiatan
Dalam Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara menggunakan sarana sebagai berikut:
1.    Laptop
2.    Modem
3.    Sound system
4.    LCD dan Layar Proyektor
5.    Blog http://mgmpipasmplampungutaraberbagi.blogspot.com
6.    Publikasi kegiatan lewat media cetak
7.    Camera digital
2.    Pra Sarana Kegiatan
Sedangkan pra sarana dalam Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara ini adalah sebagai berikut:
1.    Ruang Perpustakaan SMPN 10 Kotabumi
2.    ATK
3.    Hand out materi Bimtek PTK Dikdas
C.    Deskripsi Program (Struktur Program, Silabus dan Bahan Ajar)
Struktur Program Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara adalah sebagai berikut:

Struktur Program Bimbingan dan Workshop
Pengembangan Karir PTK (80  JP)
MATA BIMBINGAN TEKNIS/WORKSHOP
JUMLAH JAM
Narasumber
Teori
Praktik/ latihan
1.  Paparan pengembangan karir PTK,yang meliputi  pengembangan diri, Publikasi Ilmiah,Dan karya inovatif
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
2.  Kegiatan Identifikasi ,perumusan        masalah,dan penyusunan pengembangan karir PTK
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
3.  Asistensi dan penyempurnaan draf proposal pengembanan karir PTK dan penyempurnaan dan asistensi penyusunan instrument
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
4. Validasi dan perbaikan Instumen
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
5.  Pengumpulan ,entry,pengolahan (analisis dan interprestasi ) data
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
6. Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan interprestasi ) data
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
7. Analisis dan interprestasi data
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
8. Analisis , interprestasi data,dan penyusunan draf laporan
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
9. Penyusunan laporan, asistensi penyusunan laporan dan seminar
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
10. Perbaikan dan finalisasi laporan
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11. Asistensi,finalisasi,dan prosentase laporan
5
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
12. Paparan Penulisan Jurnal PTK, Analisis Hasil Penelitian, penulisan jurnal PTK,Asistensi Penulisan jurnal PTK
5
13. Analisis Hasil Penelitian, Penulisan Jurnal Hasil Penelitian PTK
5
14. Penulisan, Review dan finalisasi jurnal PTK
5
15. Paparan Penulisan karya ilmiah Populer, Identifikasi dan perumusan masalah , penyusunan Draf Artikel ilmiah Populer
5
16.Review Draf Artikel Ilmiah Populer, Finalisasi Artikel Ilmiah Populer
5
D.    Metode
Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara secara terprogram diawali dengan penyusunan program kegiatan yang menjadi kebutuhan para guru di sekolah. Berbagai permasalahan dibahas , didiskusikan, pada MGMP dengan memanfaatkan fasilitator, istruktur, dan nara sumber yang berasal dari LPMP, LPTK , VCT, DCT.
Untuk pencapaian  sasaran dari  kegiatan  dilakukan  learning by do ing yaitu belajar sambil berbuat untuk mengimplementasikan pengalaman  melalui real teaching, dan bersama-sama saling menerima masukan dari peserta MGMP. Kegiatan dilakukan melalui pembahasan dengan melibatkan narasumber dan peserta. Setiap pembahasan masalah, diaplikasikan dengan contoh-contoh dan diterapkan oleh peserta di sekolah. Selanjutnya, peserta melaporkan kendala dan keberhasilan dari hasil penerapan untuk dibahas oleh peserta lain yang dipandu oleh narasumber.
E.     Jadwal/ Agenda Kegiatan
Waktu
Kegiatan
Narasumber / Penanggungjawab
                          Hari senin, Tanggal 3 September 2012 Pertemuan I
08.00 – 08.45
Registrasi Peserta
Panitia
08.45 – 09.30
Pembukaan dan Pengarahan
Kepala Dinas Diknas Kabupaten
09.30 – 10.15
Paparan Pengembangan karir PTK yang meliputi; Pengembagan Diri,Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
10.15  – 10.30
                                     Istirahat
10.30– 11.15
Paparan Pengembangan karir PTK yang meliputi Pengembagan Diri,Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal 5 September 2012 Pertemuan II
08.00 – 08.45
Penyusunan Proposal
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
                                   Istirahat
10.30– 11.15
Penyusunan Proposal
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Minggu,Tanggal 9 September 2012 Pertemuan III
08.00 – 08.45
Penyempurnaan Proposal dan penyusunan
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Penyempurnaan Proposal dan penyusunan
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal 12 September 2012 Pertemuan IV
08.00 – 08.45
Validasi dan perbaikan instrument ,pengumpulan data
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Validasi dan perbaikan instrument ,pengumpulan data
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
                         Hari Minggu,Tanggal 16 September 2012 Pertemuan V
08.00 – 08.45
Pengumpulan ,entry pengolaan (analisis dan interprestasi ) data.
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Pengumpulan, entry pengolaan (analisis dan interprestasi ) data
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal 19 September 2012 Pertemuan VI
08.00 – 08.45
Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis) dan interprestasi data
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis) dan interprestasi data
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Minggu,Tanggal  23 September 2012 Pertemuan VII
08.00 – 08.45
Analisis dan interprestasi data
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Analisis dan interprestasi data
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal  26 September 2012 Pertemuan VIII
08.00 – 08.45
Analisis, interprestasi data dan penyusunan draf
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Analisis,  interprestasi data dan penyusunan draf
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Minggu,Tanggal  30 September 2012 Pertemuan IX
08.00 – 08.45
Penyusunan laporan,  Asistensi penyusunan laporan dan seminar
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Penyusunan laporan,  Asistensi penyusunan laporan dan seminar
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal  3 Oktober 2012 Pertemuan X
08.00 – 08.45
Perbaikan dan finalisasi laporan
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Perbaikan dan finalisasi laporan
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Minggu,Tanggal  7 Oktober 2012 Pertemuan XI
08.00 – 08.45
Asistensi,  finalisasi, dan Prosentasi laporan
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Asistensi, finalisasi, dan Prosentasi laporan
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal  10 Oktober 2012 Pertemuan XII
08.00 – 08.45
Paparan penulisan Artikel jurnal, Analisis Hasil Penelitian, Penulisan Artikel Jurnal, Asistensi penulisan Artikel ilmiah
Narasumber/Fasilitator
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Paparan penulisan Artikel jurnal, Analisis Hasil Penelitian, Penulisan Artikel Jurnal, Asistensi penulisan Artikel ilmiah
Narasumber/Fasilitator
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal  17 Oktober 2012 Pertemuan XIII
08.00 – 08.45
Analisis Hasil Penelitian, Penulisan Artikel Jurnal
Narasumber/Fasilitator
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Analisis Hasil Penelitian, Penulisan Artikel Jurnal
Narasumber/Fasilitator
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal  31 Oktober 2012 Pertemuan XIV
08.00 – 08.45
Penulisan, Review dan finalisasi Artikel Jurnal
Narasumber/Fasilitator
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Penulisan, Review dan finalisasi Artikel Jurnal
Narasumber/Fasilitator
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal  7 November 2012 Pertemuan XV
08.00 – 08.45
Paparan Penulisan karya Ilmiah Populer, Identifikasi Masalah, Penyusunan Draf Artikel Ilmiah Populer
Narasumber/Fasilitator
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30– 11.15
Paparan Penulisan karya Ilmiah Populer, Identifikasi Masalah, Penyusunan Draf Artikel Ilmiah Populer
Narasumber/Fasilitator
11.15 – 12.00
Hari Rabu,Tanggal  21 November 2012 Pertemuan XVI
08.00 – 08.45
Review Draf Artikel Ilmiah Populer, Finalisasi Artikel Ilmiah Populer
Narasumber/Fasilitator
08.45 – 09.30
09.30 – 10.15
10.15  – 10.30
Istirahat
10.30 –  11.15
Review Draf Artikel Ilmiah Populer, Finalisasi Artikel Ilmiah Populer
Narasumber/Fasilitator
11.15 – 12.00
F.     Nara Sumber/ Penyaji
Nara sumber Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependdidikan (PTK)  Dikdas ini adalah unsur Widya Iswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung dan unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara.
G.    Peserta Bimbingan Teknis
Peserta Bimbingan teknis/ workshop Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dikdas adalah Guru yang berasal dari seluruh anggota MGMP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Kabupaten Lampung Utara sebagai berikut:
NO
NAMA
NIP
PANGKAT/ GOL
ASAL SEKOLAH
1
SYIFAHAYU, S.Pd
197902142005012007
PENATA/ III c
SMPN 10 KOTABUMI
2
M. RIDWAN MUSTAFA, S.Pd
196112221990031001
PENATA TK. I/ III d
SMPN 1 ABUNG SELATAN
3
BUDIONO, S.Pd
196911191994011001
PEMBINA/ IV a
SMPN 1 ABUNG PEKURUN
4
HERI ISWANTO, S.Pd
197808172005011015
PENATA/ III c
SMPN 9 KOTABUMI
5
YUSANTI, S.Pd
SMPIT INSAN RABBANI
6
OMAYUDDIN, S.Pd
196911011992031010
PEMBINA/ IV a
SMPN 3 TANJUNG RAJA
7
SUHARYONO, S.Pd
196909011999031007
PEMBINA/ IV a
SMPN 6 KOTABUMI
8
HASMAWARNI, S.Pd
197001011992032019
PEMBINA/ IV a
SMPN 1 ABUNG TINGGI
9
ANITA TULHAPIPA, S.Pd
196411011991022002
PEMBINA/ IV a
SMPN 4 KOTABUMI
10
DESRAWATI, S.P
SMPS MUHAMMADIYAH
11
SUPARNI, S.Pd
196708062000122002
PENATA TK. I/ III d
SMPN 10 KOTABUMI
12
RUTI DANITA, S.Pd
196805161997022001
PEMBINA/ IV a
SMPN 10 KOTABUMI
13
FEBRIYANTI P, S.Pd
198002242008012008
PENATA MUDA TK. I/ III b
SMPN 10 KOTABUMI
14
BERNAWATI, S.Pd
196602161990022001
PEMBINA/ IV a
SMPN 4 KOTABUMI
15
ZAIWANA, S.Pd
196403261984122002
PEMBINA/ IV a
SMPN 2 KOTABUMI
16
HANANI, S.Pd
196903031998032007
PEMBINA/ IV a
SMPN 3 KOTABUMI
17
DENIK SUJIYATI, S.Pd
197703282007012005
PENATA MUDA TK. I/ III b
SMPN 2 BUKIT KEMUNING
18
NURAINI, S.Si
198007162009032002
PENATA MUDA/ III a
SMPN 2 BUNGA MAYANG
19
EKO SUSANTO,S.Si
198202132011011007
PENATA MUDA/ III a
SMPN 1 ABUNG SEMULI
20
TUKINO, S.Pd
196602022007011044
PENATA MUDA/ III a
SMPN 2 ABUNG SELATAN
21
SUHARYANAH, S.Pd
196606121989032007
PEMBINA/ IV a
SMPN 3 KOTABUMI
22
SUAI BATUL ADELA, S.P
197807092009032002
PENATA MUDA/ III a
SMPN 3 TANJUNG RAJA
23
ESTI YULININGSIH, S.Pd
196207021984032008
PEMBINA/ IV a
SMPN 1 HULU SUNGKAI
24
NETY VERIANY, S.Pd
197304161999032005
PENATA TK. I/ III d
SMPN 10 KOTABUMI
25
BAYU SUKMA WIJAYA, S.Si
19850522010011010
PENATA MUDA/ III a
SMPN 1 HULU SUNGKAI
26
SUSMAWATI, S.Pd
198409022011012006
PENATA MUDA/ III a
SMPN 12 KOTABUMI
27
ANI SETIANINGSIH, S.Si
197611102006042002
PENATA MUDA TK. I/ III b
SMPN 2 ABUNG SEMULI
28
DARYATI, S.Pd
196401091991102002
PENATA TK. I/ III d
SMPN 4 KOTABUMI
29
YUSINDAH,S.Pd
196317041984122001
PEMBINA/ IV a
SMPN 3 KOTABUMI
30
PARWOTO, S.Pd
195804041981111002
PEMBINA/ IV a
SMPN 1 ABUNG SELATAN
H.    Kepanitiaan
Susunan Kepanitiaan Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara adalah sebagai berikut:
Pelindung
:
Drs. Hi. ZULKARNAIN, M.M. (Ka. Diknas Kab. Lampung Utara)
Penanggung Jawab
:
WAHYUDIN, S. Pd,  (Koord. MGMP IPA/ Kepsek SMPN 3 TANJUNG RAJA)
Ketua
:
SYIFAHAYU, S. Pd. (SMPN 10 KOTABUMI)
Wakil Ketua
:
BOEDIONO, S. Pd. (SMPN 1 PEKURUN)
Sekretaris
:
HERI ISWANTO, S. Pd. (SMPN 9 KOTABUMI)

:
INAYAH, S. Pd. (SMPN 8 KOTABUMI)




BAB III.
HASIL, EVALUASI, MASALAH DAN PEMECAHAN
SERTA TINDAK LANJUT
A.     Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Hasil pelaksanaan Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara yang didanai Blockgrant MGMP adalah sebagai berikut:
1.    Peserta dapat menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
2.    Peserta dapat memahami cara membuat analisis data PTK
3.    Peserta dapat memahami cara menyusun laporan akhir PTK
4.    Peserta dapat melakukan seminar contoh hasil PTK
5.    Peserta dapat membuat contoh artikel jurnal PTK atau artikel ilmiah populer
B.    Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara dapat berjalan dengan lancar dan sukses meskipun terdapat banyak kendala dalam pelaksanaan program kegiatan. Namun semua itu dapat teratasi dengan baik berkat kerjasama semua pihak yang terlibat dan berkepentingan dalam kegiatan ini.
C.    Masalah dan Pemecahan
Masalah-masalah yang dihadapi selama  Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara dan pemecahannya adalah sebagai berikut:
NO
MASALAH
PEMECAHAN
1
Sulit komunikasi karena letak tempat tugas peserta berjauhan dengan lokasi pusat kegiatan Bimtek PTK Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara
·    Mengirim pesan lewat email.
·    Menghubungi peserta melalui via  SMS/telepon
·    Mengirim undangan ke tempat tugas peserta.
2
Waktu pelaksanaan kegiatan berbenturan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah
Kegiatan Bimtek PTK Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara dilaksanakan pada hari Rabu sesuai alokasi waktu untuk kegiatan rutin MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara dan pada hari libur menyesuaikan dengan kondisi di lapangan
3
Kemampuan  dasar peserta dalam membuat karya tulis ilmiah atau Penelitian Tindakan Kelas masih  rendah.
Melaksanakan bimbingan Penelitian Tindakan Kelas secara terpadu melalui tatap muka dan non tatap muka melalui via email.
4.
Semangat peserta semakin rendah ketika menemui banyak kendala pada saat penyusunan proposal dan pengambilan data awal di lapangan tempat penelitian berlangsung
Memberikan motivasi dan reward kepada peserta yang dapat menyelesaikan tugas penyusunan proposal PTK dengan memberikan honor dan transport kepada peserta.
5
Sarana dan prasarana
a.    Peralatan ICT yang kurang lengkap
b.    Sering terjadi pemadaman listrik
·    Bekerja sama dengan pihak lain.
·    Penambahan alat dengan melakukan penyewaan menurut kebutuhan
·    Menyiapkan diesel/genset
D.    Tindak Lanjut
Tindak lanjut pelaksanaan  Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara adalah berupa kegiatan sebagai berikut:
1.    Mempublikasikan kegiatan ini melalui media cetak
2.    Mempublikasikan kegiatan ini melalui blog MGMP IPA SMP Lampung Utara Berbagi
3.    Memotivasi peserta yang sudah disetujui judul dan proposal PTK-nya oleh pembimbing dan Tim penilai LPMP untuk melanjutkan Penelitian tindakan Kelas sampai tuntas dan masuk jurnal LPMP sehingga dapat digunakan untuk melengkapi persyaratan kenaikan pangkat guru dan penetapan angka kreditnya.
4.    Mensosialisasikan hasil kegiatan ini kepada guru-guru IPA se-Lampung Utara yang belum pernah mengikuti kegiatan sejenis.
5.    Membuat laporan akhir hasil kegiatan.
6.    Mengirimkan laporan hasil kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan PTK Dikdas melalui Blockgrant MGMP IPA SMP ke Dirjen Dikdas Kemdikbud di Jakarta.

BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Melalui program kegiatan yang dilaksanakan oleh MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara diharapkan dapat menghasilkan  guru  yang mampu melakukan berbagai kegiatan guna mengembangkan dan meningkatkan karirnya, antara lain memeliki pemahaman yang lebih baik terhadap kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional serta melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang ditujukan   untuk menjaga dan meningkatkan kompetensi dan  profesionalisme guru agar dapat memberikan layanan prima dan menjamin pelaksanaan proses pembelajaran yang berkualitas. Dengan demikian  MGMP akan  menjadi forum kendali dan penjaminan dalam rangka peningkatan mutu guru dan pendidikan.
Disamping itu sebagai upaya peningkatan kompetensi pelaksanaan program pengembangan  keprofesian berkelanjutan bagi  guru, hasil – hasil pelaksanaan kegiatan MGMP diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk memenuhi persyaratan angka kredit dalam pengembangan karir guru.
B. Rekomendasi
Agar seluruh profesi guru memahami tentang pengembangan karier pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) DIKDAS sebaiknya :
1.    Untuk Pemerintah (melalui Direktorat P2TK Dikdas, Dirjen Dikdas, Kemendikbud)
menALAMisasikan pengembangan karier PTK DIKDAS dengan cara meningkatkan program-program yang berkaitan dengan hal tersebut.
2.    Untuk Dinas Pendidikan Kabupaten (melalui Pengawas Sekolah) pengawas memberikan layanan bimbingan dan pemahaman mengenai pengembangan karier PTK DIKDAS kepada guru-guru bimbingannya.
3.    Untuk Guru
-       Memahami pengembangan karir PTK DIKDAS
-       Mempersiapkan pengembangan karir PTK DIKDAS
-       Melaksanakan pengembangan karir PTK DIKDAS
Besar harapan kami untuk mendapatkan Bantuan Dana Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dari DIKDAS,  atas perhatian dan bantuan semua pihak  kami ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...