BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Diantara sekian banyak faktor yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan, komponen yang paling menentukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah guru sebagai tenaga pendidik di sekolah. Karena guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik baik pada jenjang pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Agar tugas dan fungsi yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka mutlak diperlukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan kewajiban guru dalam melaksanakan pembelajaran/pembimbingan, dan/atau tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Penilaian kinerja guru ini dilakukan untuk menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan sekaligus menjaga profesionalitas seorang guru.
Selanjutnya, hasil penilaian kinerja guru tersebut, bersama-sama dengan hasil pelaksanaan kegiatan pengembangan diri, pengembangan publikasi ilmiah, dan/atau karya inovatif, dapat dikonversikan menjadi angka kredit yang diperlukan untuk kenaikan jabatan fungsional guru sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.
Pelaksanaan PK Guru tidak dimaksudkan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya PK Guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Penilaian terhadap kinerja guru diharapkan dapat menemukan secara tepat keadaan kegiatan guru di dalam kelas, dan medorong mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan.
Oleh karena itu, untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang yang profesional di bidangnya dan sebagai penghargaan atas prestasi kerjanya, maka guru dituntut terus untuk meningkatkan profesionalitasnya secara terus-menerus melalui berbagai upaya ,antara lain melalui pendidikan, bimbingan teknis, workshop, pelatihan, dan kegiatan pendukung lainnya, baik melalui kegiatan didalam maupun diluar kelompok kerja. Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan akan mendukung pengembangan karir guru yang mampu membangun dan merealisasikan target pembangunan pendidikan nasional.
Sehubungan dengan itu, kompetensi, profesioanalisme,dan karir Pendidik dan Tenaga Pendidik (PTK) perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan melalui berbagai daya dan upaya.antara lain yaitu melalui pemberdayaan kelompok kerja PTK. kelompok perlu didukung untuk meningkatkan frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan eksistensinya dalam pengembangan karir anggotanya.oleh karena itu pengurus kelompok kerja PTK, termasuk pengurus musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Perlu didorong untuk memotivasi, mendisiplinkan, mengembangkan, dan melakukan profesionalisasi diri dan seluruh anggotanya secara efektif, efesien dan berkelanjutan demi terwujudnya guru mata pelajaran SMP yang kompeten, professional, dan membanggakan dalam pelaksanaan karir PTK pendidikan dasar (DIKDAS), maka kelompok kerja kami perlu menyelenggarakannya, yang pada pelaksanaannya tentu memerlukan dukungan dan bantuan dari pihak Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud maupun dinas pendidikan setempat.
B. Dasar Hukum
1. Undang-undang Dasar Republik IndonesiaTahun 1945: Pembukaan pada alinea ,dan Bab XIII pendidikan,pasal 31,ayat (1) dan ayat (2).
2. Undang–undangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ,Bab XI Pendidikan dan Tenaga Kependidikan,pasal 30 sampai pasal 44.
3. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tenteng Standar Pendidikan Nasional.
5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun2008 tentang Guru
6. Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan Angka Kreditnya.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan jabatan fungsional Guru dan anka kreditnya.
C. Tujuan
Laporan ini disusun untuk mendapatkan dana bantuan langsung yang akan digunakan dalam rangka pengembangan karir Pendidik dan tenaga Kependidikan (PTK) Dikdas di kelompok kerja sebagai berikut
1. Meningkatkan aktivitas kelompok kerja terkait dengan upaya pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru;
2. Menjaga dan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kretivitas, dan inovatif dalam pengembangan karir.
3. Meningkatkan kemampuan guru dalam memenuhi angka kredit yang diwajibkan dalam kenaikan pangkat, golongan, Ruang dan jabatan fungsional guru.
4. Meningkatkan keberdayaan MGMP.
5. Meningkatkan Frekuensi,intensitas dan kebermaknaan saling tukar menukar pikiran dan pengalaman antar anggota MGMP
D. Sasaran
Sasaran peserta :
1. Guru dalam kelompok kerja baik berkualifikasi akademik dibawah S-1 maupun S-1
2. Guru dalam kelompok kerja yang berstatus guru pemula, guru muda, guru dewasa atau guru senior
3. Guru dalam kelompok kerja yang berasal dari sekolah maju dan kurang maju
4. Guru dalam kelompok kerja yang memilki golongan IV/b dan dibawahnya.
E. Hasil Yang Diharapkan
1. Terwujudnya peningkatan aktivitas kelompok kerja yang terkait dengan upaya pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru.
2. Terwujudnya persamaan persepsi dan komitmen yang tinggi untuk mengembangkan karir guru.
3. Terwujudnya peningkatan motivasi, frekuensi, dan intensitas kegiatan pengembanag karir guru.
4. Terwujudnya peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan karir.
F. Manfaat
1. Meningkatkan penguasaan dan kualitas kompetensi guru;
2. Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah peserta;
3. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan di kelompok kerja;
4. Meningkatkan kualitas MGMP sebagai wahana peningkatan kemampuan dan profesionalitas guru.
G. Dampak
1. Meningkatkanya Frekuensi, intensitas dan kebermaknaan saling tukar menukar
pikiran dan pengalaman antar anggota MGMP
2. Meningkatnya profesionalisme guruyang dibuktikan melalui perubahan prilaku, kreativitas, dan inovatif dalam pengembangan karir.
3. Meningkatnya keberdayaan MGMP dalam pengembangan karir.
4. Meningkatnya angka kredit guru dalam pengembangan karir
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
A. Tempat dan Waktu Kegiatan
1. Tempat Kegiatan
Tempat dilaksanakannya Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara di SMPN 10 Kotabumi, Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara Kelapa Tujuh Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara.
2. Waktu Kegiatan
Waktu Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan sejak bulan Juni sampai dengan bulan November 2012, mulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 13.00 WIB, atau sesui kebutuhan.
B. Sarana dan Pra Sarana Kegiatan
1. Sarana Kegiatan
Dalam Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara menggunakan sarana sebagai berikut:
1. Laptop
2. Modem
3. Sound system
4. LCD dan Layar Proyektor
5. Blog http://mgmpipasmplampungutaraberbagi.blogspot.com
6. Publikasi kegiatan lewat media cetak
7. Camera digital
2. Pra Sarana Kegiatan
Sedangkan pra sarana dalam Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara ini adalah sebagai berikut:
1. Ruang Perpustakaan SMPN 10 Kotabumi
2. ATK
3. Hand out materi Bimtek PTK Dikdas
C. Deskripsi Program (Struktur Program, Silabus dan Bahan Ajar)
Struktur Program Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara adalah sebagai berikut:
MATA
BIMBINGAN TEKNIS/WORKSHOP
|
JUMLAH
JAM
|
Narasumber
|
|
Teori
|
Praktik/
latihan
|
||
1. Paparan pengembangan karir PTK,yang meliputi
pengembangan diri, Publikasi Ilmiah,Dan karya inovatif
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
2. Kegiatan Identifikasi ,perumusan masalah,dan penyusunan pengembangan
karir PTK
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
3. Asistensi dan penyempurnaan draf proposal
pengembanan karir PTK dan penyempurnaan dan asistensi penyusunan instrument
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
4. Validasi dan perbaikan
Instumen
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
5. Pengumpulan ,entry,pengolahan (analisis dan
interprestasi ) data
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
6. Pengolahan dan
asistensi pengolahan (analisis dan interprestasi ) data
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
7. Analisis dan
interprestasi data
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
8. Analisis ,
interprestasi data,dan penyusunan draf laporan
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
9. Penyusunan laporan, asistensi penyusunan laporan dan
seminar
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
10. Perbaikan dan finalisasi laporan
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
11. Asistensi,finalisasi,dan prosentase laporan
|
5
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
|
12. Paparan Penulisan Jurnal PTK, Analisis Hasil
Penelitian, penulisan jurnal PTK,Asistensi Penulisan jurnal PTK
|
5
|
||
13. Analisis Hasil Penelitian, Penulisan Jurnal Hasil
Penelitian PTK
|
5
|
||
14. Penulisan, Review dan finalisasi jurnal PTK
|
5
|
||
15. Paparan Penulisan karya ilmiah Populer,
Identifikasi dan perumusan masalah , penyusunan Draf Artikel ilmiah Populer
|
5
|
||
16.Review Draf Artikel Ilmiah Populer, Finalisasi
Artikel Ilmiah Populer
|
5
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Narasumber / Penanggungjawab
|
Hari
senin,
Tanggal 3
September 2012
Pertemuan I
|
||
08.00 – 08.45
|
Registrasi
Peserta
|
Panitia
|
08.45 – 09.30
|
Pembukaan
dan Pengarahan
|
Kepala
Dinas Diknas Kabupaten
|
09.30 – 10.15
|
Paparan
Pengembangan karir PTK yang meliputi; Pengembagan Diri,Publikasi Ilmiah dan
Karya Inovatif
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30– 11.15
|
Paparan
Pengembangan karir PTK yang meliputi Pengembagan Diri,Publikasi Ilmiah dan
Karya Inovatif
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 5
September 2012 Pertemuan
II
|
||
08.00 – 08.45
|
Penyusunan
Proposal
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30– 11.15
|
Penyusunan
Proposal
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Minggu,Tanggal 9
September 2012
Pertemuan III
|
||
08.00 – 08.45
|
Penyempurnaan Proposal dan penyusunan
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Penyempurnaan Proposal dan penyusunan
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 12
September 2012
Pertemuan IV
|
||
08.00 – 08.45
|
Validasi
dan perbaikan instrument ,pengumpulan data
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Validasi
dan perbaikan instrument ,pengumpulan data
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata, M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Minggu,Tanggal 16
September 2012
Pertemuan V
|
||
08.00 – 08.45
|
Pengumpulan
,entry pengolaan (analisis dan interprestasi ) data.
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Pengumpulan,
entry pengolaan (analisis dan interprestasi ) data
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 19
September 2012
Pertemuan VI
|
||
08.00 – 08.45
|
Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis) dan
interprestasi data
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis) dan
interprestasi data
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Minggu,Tanggal 23
September 2012
Pertemuan VII
|
||
08.00 – 08.45
|
Analisis
dan interprestasi data
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Analisis
dan interprestasi data
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 26 September
2012 Pertemuan VIII
|
||
08.00 – 08.45
|
Analisis,
interprestasi data dan penyusunan draf
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Analisis, interprestasi data dan penyusunan draf
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Minggu,Tanggal 30
September 2012
Pertemuan IX
|
||
08.00 – 08.45
|
Penyusunan
laporan, Asistensi penyusunan laporan
dan seminar
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Penyusunan
laporan, Asistensi penyusunan laporan
dan seminar
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 3
Oktober 2012
Pertemuan X
|
||
08.00 – 08.45
|
Perbaikan
dan finalisasi laporan
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Perbaikan
dan finalisasi laporan
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Minggu,Tanggal 7
Oktober 2012
Pertemuan XI
|
||
08.00 – 08.45
|
Asistensi, finalisasi, dan Prosentasi laporan
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Asistensi,
finalisasi, dan Prosentasi laporan
|
Drs. Dani Maulana Soemawinata,
M.Si
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 10
Oktober 2012
Pertemuan XII
|
||
08.00 – 08.45
|
Paparan
penulisan Artikel jurnal, Analisis Hasil Penelitian, Penulisan Artikel
Jurnal, Asistensi penulisan Artikel ilmiah
|
Narasumber/Fasilitator
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Paparan
penulisan Artikel jurnal, Analisis Hasil Penelitian, Penulisan Artikel
Jurnal, Asistensi penulisan Artikel ilmiah
|
Narasumber/Fasilitator
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 17
Oktober 2012
Pertemuan XIII
|
||
08.00 – 08.45
|
Analisis
Hasil Penelitian, Penulisan Artikel Jurnal
|
Narasumber/Fasilitator
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Analisis
Hasil Penelitian, Penulisan Artikel Jurnal
|
Narasumber/Fasilitator
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 31 Oktober 2012 Pertemuan XIV
|
||
08.00 – 08.45
|
Penulisan,
Review dan finalisasi Artikel Jurnal
|
Narasumber/Fasilitator
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Penulisan, Review
dan finalisasi Artikel Jurnal
|
Narasumber/Fasilitator
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 7
November 2012
Pertemuan XV
|
||
08.00 – 08.45
|
Paparan
Penulisan karya Ilmiah Populer, Identifikasi Masalah, Penyusunan Draf Artikel
Ilmiah Populer
|
Narasumber/Fasilitator
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30– 11.15
|
Paparan Penulisan
karya Ilmiah Populer, Identifikasi Masalah, Penyusunan Draf Artikel Ilmiah
Populer
|
Narasumber/Fasilitator
|
11.15 – 12.00
|
||
Hari Rabu,Tanggal 21
November 2012
Pertemuan XVI
|
||
08.00 – 08.45
|
Review
Draf Artikel Ilmiah Populer, Finalisasi Artikel Ilmiah Populer
|
Narasumber/Fasilitator
|
08.45 – 09.30
|
||
09.30 – 10.15
|
||
10.15 – 10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 – 11.15
|
Review Draf Artikel
Ilmiah Populer, Finalisasi Artikel Ilmiah Populer
|
Narasumber/Fasilitator
|
11.15 – 12.00
|
NO
|
NAMA
|
NIP
|
PANGKAT/ GOL
|
ASAL SEKOLAH
|
1
|
SYIFAHAYU, S.Pd
|
197902142005012007
|
PENATA/ III c
|
SMPN 10 KOTABUMI
|
2
|
M. RIDWAN MUSTAFA, S.Pd
|
196112221990031001
|
PENATA TK. I/ III d
|
SMPN 1 ABUNG SELATAN
|
3
|
BUDIONO, S.Pd
|
196911191994011001
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 1 ABUNG PEKURUN
|
4
|
HERI ISWANTO, S.Pd
|
197808172005011015
|
PENATA/ III c
|
SMPN 9 KOTABUMI
|
5
|
YUSANTI, S.Pd
|
SMPIT INSAN RABBANI
|
||
6
|
OMAYUDDIN, S.Pd
|
196911011992031010
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 3 TANJUNG RAJA
|
7
|
SUHARYONO, S.Pd
|
196909011999031007
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 6 KOTABUMI
|
8
|
HASMAWARNI, S.Pd
|
197001011992032019
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 1 ABUNG TINGGI
|
9
|
ANITA TULHAPIPA, S.Pd
|
196411011991022002
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 4 KOTABUMI
|
10
|
DESRAWATI, S.P
|
SMPS MUHAMMADIYAH
|
||
11
|
SUPARNI, S.Pd
|
196708062000122002
|
PENATA TK. I/ III d
|
SMPN 10 KOTABUMI
|
12
|
RUTI DANITA, S.Pd
|
196805161997022001
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 10 KOTABUMI
|
13
|
FEBRIYANTI P, S.Pd
|
198002242008012008
|
PENATA MUDA TK. I/ III b
|
SMPN 10 KOTABUMI
|
14
|
BERNAWATI, S.Pd
|
196602161990022001
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 4 KOTABUMI
|
15
|
ZAIWANA, S.Pd
|
196403261984122002
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 2 KOTABUMI
|
16
|
HANANI, S.Pd
|
196903031998032007
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 3 KOTABUMI
|
17
|
DENIK SUJIYATI, S.Pd
|
197703282007012005
|
PENATA MUDA TK. I/ III b
|
SMPN 2 BUKIT KEMUNING
|
18
|
NURAINI, S.Si
|
198007162009032002
|
PENATA MUDA/ III a
|
SMPN 2 BUNGA MAYANG
|
19
|
EKO SUSANTO,S.Si
|
198202132011011007
|
PENATA MUDA/ III a
|
SMPN 1 ABUNG SEMULI
|
20
|
TUKINO, S.Pd
|
196602022007011044
|
PENATA MUDA/ III a
|
SMPN 2 ABUNG SELATAN
|
21
|
SUHARYANAH, S.Pd
|
196606121989032007
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 3 KOTABUMI
|
22
|
SUAI BATUL ADELA, S.P
|
197807092009032002
|
PENATA MUDA/ III a
|
SMPN 3 TANJUNG RAJA
|
23
|
ESTI YULININGSIH, S.Pd
|
196207021984032008
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 1 HULU SUNGKAI
|
24
|
NETY VERIANY, S.Pd
|
197304161999032005
|
PENATA TK. I/ III d
|
SMPN 10 KOTABUMI
|
25
|
BAYU SUKMA WIJAYA, S.Si
|
19850522010011010
|
PENATA MUDA/ III a
|
SMPN 1 HULU SUNGKAI
|
26
|
SUSMAWATI, S.Pd
|
198409022011012006
|
PENATA MUDA/ III a
|
SMPN 12 KOTABUMI
|
27
|
ANI SETIANINGSIH, S.Si
|
197611102006042002
|
PENATA MUDA TK. I/ III b
|
SMPN 2 ABUNG SEMULI
|
28
|
DARYATI, S.Pd
|
196401091991102002
|
PENATA TK. I/ III d
|
SMPN 4 KOTABUMI
|
29
|
YUSINDAH,S.Pd
|
196317041984122001
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 3 KOTABUMI
|
30
|
PARWOTO, S.Pd
|
195804041981111002
|
PEMBINA/ IV a
|
SMPN 1 ABUNG SELATAN
|
Pelindung
|
:
|
Drs. Hi. ZULKARNAIN, M.M. (Ka. Diknas Kab. Lampung Utara)
|
Penanggung Jawab
|
:
|
WAHYUDIN, S. Pd, (Koord. MGMP
IPA/ Kepsek SMPN 3 TANJUNG RAJA)
|
Ketua
|
:
|
SYIFAHAYU, S. Pd. (SMPN 10 KOTABUMI)
|
Wakil Ketua
|
:
|
BOEDIONO, S. Pd. (SMPN 1 PEKURUN)
|
Sekretaris
|
:
|
HERI ISWANTO, S. Pd. (SMPN 9 KOTABUMI)
|
:
|
INAYAH, S. Pd. (SMPN 8 KOTABUMI)
|
NO
|
MASALAH
|
PEMECAHAN
|
1
|
Sulit
komunikasi karena letak tempat tugas peserta berjauhan dengan lokasi pusat
kegiatan Bimtek PTK Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara
|
·
Mengirim pesan lewat email.
·
Menghubungi peserta melalui
via SMS/telepon
·
Mengirim undangan ke
tempat tugas peserta.
|
2
|
Waktu
pelaksanaan kegiatan berbenturan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah
|
Kegiatan
Bimtek PTK Dikdas MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Utara dilaksanakan pada hari
Rabu sesuai alokasi waktu untuk kegiatan rutin MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung
Utara dan pada hari libur menyesuaikan dengan kondisi di lapangan
|
3
|
Kemampuan dasar peserta dalam membuat karya tulis
ilmiah atau Penelitian Tindakan Kelas masih
rendah.
|
Melaksanakan
bimbingan Penelitian Tindakan Kelas secara terpadu melalui tatap muka dan non
tatap muka melalui via email.
|
4.
|
Semangat
peserta semakin rendah ketika menemui banyak kendala pada saat penyusunan
proposal dan pengambilan data awal di lapangan tempat penelitian berlangsung
|
Memberikan
motivasi dan reward kepada peserta yang dapat menyelesaikan tugas penyusunan
proposal PTK dengan memberikan honor dan transport kepada peserta.
|
5
|
Sarana
dan prasarana
a. Peralatan
ICT yang kurang lengkap
b. Sering
terjadi pemadaman listrik
|
·
Bekerja sama dengan pihak
lain.
·
Penambahan alat dengan
melakukan penyewaan menurut kebutuhan
·
Menyiapkan diesel/genset
|
0 komentar:
Posting Komentar