Contoh Laporan Praktik Kerja Industri/Prakerin SMK

Contoh Laporan Praktik Kerja Industri/Prakerin SMK di Kantor  Dinas  Pendidikan  dan Kebudayaan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Implementasikan  tiga  prioritas  pembangunan  pendidikan  nasional, meliputi  pemerataan  dan  perluasan  akses,  peningkatan  mutu,  relavansi  dan daya  saing,  serta  penguatan  tata  kelola  dan  pencitraan  publik. Menghendaki  agar  pemerintah  memanfaatkan  otonomi  daerah  dan  desentralisasi  pendidikan  seoptimal  mungkin  untuk  memacu  pembangunan   pendidikan  daerah  dalam  rangka  membangun  pendidikan  nasional  secara  keseluruhan  dalam  wilayah  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia,  yang  dimulai  dari  suatu  kegiatan  penyusunan  perencanaan  pengembangan  pendidikan  di  daerah.  Dalam  rangka  ini,  Kabupaten Ciamis perlu  menyusun  Program  Kerja  yang  tepat  sehingga  diharapkan  masalah-masalah  pelayanan  Pendidikan  di  Kabupaten Ciamis  dapat  ditanggulangi  secara  efektif  dan  efisien  dengan  menggunakan  sumber-sumber  dana  yang  tersedia,  baik  melalui  APBN,  APBD Provinsi  Jawa  Barat,  APBD  Kabupaten  Ciamis  serta hibah  /  bantuan  masyarakat  lainnya.
Rencana  Kerja  (Renja)  Satuan  Kerja  Perangkat  Daerah  (SKPD)  Dinas Pendidikan  dan  Kebudayaan  tahun  2015  adalah  dokumen  perencanan   SKPD  Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  untuk  periode  2015,  yang memuat  kebijakan,  program,  dan  kegiatan  pembangunan  pendidikan  yang  didasarkan  pada  kondisi,  potensi,  permasalahan,  kebutuhan  nyata,  dan  aspirasi  masyarakat  yang  tumbuh  berkembang  di  Kabupaten Ciamis,  dan  berorientasi  pada  hasil  yang  akan  dicapai  selama  kurun  waktu 1 (satu)  tahun.  Renja  SKPD  DINAS  Pendidikan  dan  Kebudayaan  merupakan  pedoman  dalam  pelaksanaan  tugas  pokok  dan  fungsi  SKPD  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan   Kabupaten  Ciamis.

1.2    Tujuan Penulisan Laporan
Dengan  adanya  kegiatan  Praktek  Kerja  Industri  (Prakerin)  ini  diharapkan  mampu  meningkatkan  penguasaan  kompetensi  sekaligus  memberikan  peluang  kepada  para siswa  agar mendapatkan  pengakuan  atas  kompetensi  yang  dimilikinya  dari  instansi.  Adapun  tujuan  diadakannya  kegiatan  prakerin  ini  adalah  sebagai  berikut  :
1.     Sebagai  syarat  mengikuti  Ujian  Nasional  serta  dapat  mengikuti  perkembangan  siswa  dalam  mengikuti  praktek  di  dunia  usaha  atau  industri  dan  instansi.
2.    Meningkatkan  kemampuan ,  pengetahuan  dan  wawasan  siswa  dalam  dunia  kerja.
3.    Memperkokoh  link  and  match  (keterkaitan dan kesepadanan)  antara  dunia  sekolah  dan  dunia  kerja.
4.    Menjadikan siswa  sebagai  diri  yang  mandiri,  sehingga  dapat  bertanggung  jawab  atas  tugas  yang  diberikan.
5.    Mengembangkan  sikap  profesional  siswa  yang  sesuai  dengan  kemampuannya  dalam  melaksanakan  kegiatan  di dunia  kerja.
6.    Meningkatkan  IPTEK   yang  sangat  dibutuhkan  dalam  menghadapi era globalisasi.

1.3.  Kegunaan Laporan
1.    Mengukur  seberapa  jauh  kemampuan  siswa  dalam pembuatan  sebuah  laporan.
2.    Sebagai  latihan  dalam  menyongsong  dunia  kerja  di  masa  depan.














BAB II
TEKNIK PEMBUATAN LAPORAN

2.1.  Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan  data  dengan  menggunakan  data  atau  mengumpulkan  sumber-sumber  tertulis  dengan  cara  membaca,  mempelajari  dan  mencatat  dalam  penyusunan.
Laporan  ini  penulis  harus  bisa  mengumpulkan  data-data  yang  diperlukan  untuk  membantu  kelancaran  dalam  penulisan  laporan. Adapun  metode  pengumpulan  data  yang  penulis  gunakan  sebagai  berikut  :
1.    Praktik kerja
Praktik  kerja  adalah  pengumpulan  data  dengan  melakukan  pengamatan  secara  langsung  terhadap  suatu  objek  pengamatan  dengan  mencatat  hal-hal  penting  yang  berhubungan  dengan  laporan  tugas  akhir  yang  akan  penulis  susun  sehingga  diperoleh  data  yang lengkap  dan  akurat.
2.    Study Pustaka
Teknik  study   pustaka  yaitu  teknik  pengumpulan  data  dengan  menggunakan  data  atau mengumpulkan  sumber-sumber  tertulis  dengan  cara  membaca, mempelajari  dan  mencatat  hal-hal  yang  penting  dan  yang  berhubungan  dengan  masalah  yang  sedang  di  bahas  guna  memperoleh  gambaran  secara  teoritis  yang  dapat  menunjang  dalam  penyusunan  laporan  akhir.
3.    Wawancara
Adapun  metode  pengumpulan  data  yang  tersusun  adalah  dengan  melakukan  banyak  menanyakan  untuk  melengkapi  data  dan  untuk  mendapatkan  sumber  informasi.

2.2.  Waktu Pengumpulan  Data
Waktu  yang  kami  gunakan  untuk  pengumpulan  data  dalam  proses  penyusunan  laporan  kegiatan  ini  yaitu  selama  kami  mengikuti  Praktek  Kerja  Industri  (PRAKERIN),  yang  dilaksanakan  mulai  tanggal  01  Juli  2014  sampai dengan  26  September  2014.  Bertempat  di  Kantor  Dinas  Pendidikan  dan Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  yang  berlokasi  di  Jl.  R.A.A.  Kusumasubrata  No.  03  Kertasari  Telp.  (0265)  773709  Ciamis  46215.

2.3.  Tempat Memperoleh Data
Semua  data  yang  di  peroleh  penulis  di  dapatkan  dari  berbagai  tempat  misalnya  saat  melaksanakan  Prakerin  di  DU/DI  terkait,  di  perpustakaan  umum  (tempat  penyimpanan  arsip-arsip  instansi).

2.4  Alat/Instrumen Yang  Digunakan  Dalam  Pengumpulan  Data
Adapun  alat  instrument  yang  digunakan  untuk  menunjang  pelaksanaan  pengumpulan  data  adalah  sebagai  berikut  :
•    Dokumen-dokumen  di  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan.
•    Arsip-arsip  Dinas  Pendidikan   dan  Kebudayaan.
•    Beberapa  modul  atau  buku  sejarah  yang  ada  di  Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan.
•    Komputer,  Mesin Tik,  Printer,  Pulpen,  Buku,  dll.

BAB  III
LAPORAN  KEGIATAN

3.1.    Gambaran  Umum  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis
3.1.1.    Sejarah  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis
Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  berdiri  sejak  otonomi  daerah  Kabupaten  Ciamis  pada  tanggal  18  Mei  2001  berdasarkan  UU  Nomor  28  tahun  1999  tentang  otonomi  daerah. Dan  diresmikan  menjadi  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  sejak  tanggal  1  Januari  2014.
Berdirinya  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayan  Kabupaten  Ciamis  bertujuan  agar  terwujudnya  masyarakat  Kabupaten  Ciamis  yang  cerdas,  produktif  dan  berakhlak  mulia  serta  terdepan  di  priangan.
Di  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  dalam  mendapatkan  informasi  pendidikan  diantaranya  :
•    Bidang  Kepegawaian  dan  Umum
•    Bidang  Pemuda  dan  Olahraga
•    Bidang  Bina  Program
•    Bidang  PNFI/PLS
•    Bidang  Dikdas
•    Bidang  Dikmen

3.1.2.    Visi  dan  Misi
•    Visi
Visi  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  ialah  untuk  mewujudkan  masyarakat  Kabupaten  Ciamis  yang  cerdas,  produktif  dan  berakhlak  mulia  dan  terdepan  di  periangan.
•    Misi
Untuk  mewujudkan visi tersebut  di  atas,  maka  misi  yang  di  emban  oleh  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  adalah  sebagai  berikut  :
1.    Meningkatkan  efektivitas,   efisiensi,  dan  relevansi  system  pendidikan.
2.    Mewujudkan  pendidikan  pendidikan  yang  bermutu,  adil  dan  merata.
3.    Mewujudkan  sistem  pendidikan  yang  berorientasi  pada  akhlak  mulia.
4.    Mengupayakan  rintisan  Wajib  Belajar  12  (dua  belas)  tahun  yang  lebih  berorientasi  pada  pendidikan  kejuruan.
5.    Mengenbangkan  kurikulum  muatan  lokal  yang  berbasis  kecakapan  hidup.
6.    Meningkatkan  akses  pendidikan  non  formal  dan  informal.
7.    Meningkatkan  pendidikan  kepemudaan  dan  olahraga  sebagai  wahana  kecerdasan  bangsa  secara  berkelanjutan.
8.    Meningkatkan  infrastuktur  yang  mendukung  pendidikan.
9.    Mewujudakan  pendanaan  pendidikan  20%  sesuai  dengan  Undang-Undang Dasar  1945.
10.    Meningkatkan  peran  serta  masyarakat  dalam  penyelenggaraan  pendidikan.

3.1.3.    Tata  Tertib  dan  Uraian  Kerja
•    Tata  Tertib
a.    Karyawan  diharuskan  datang  tepat  waktu  dan  mengikuti  apel  pagi  dengan  rutin.
b.    Karyawan  harus  sudah  ada  di  kantor  15  menit  sebelum  apel  pagi  di  mulai  dan  diperbolehkan  pulang  sesudah  pemberitahuan  atau  mendapat  ijin  dari  Kepala  Dinas.
c.    Karyawan  tidak  diperbolehkan  meninggalkan  kantor  sebelum  waktunya  kecuali  ada  surat  perintah  atau  surat  kerja  dari  pimpinan.
d.    Teliti  dalam  bekerja.
e.    Setiap  karyawan  wajib  mengisi  daftar  hadir  dan  tidak  boleh  di  wakilkan.
f.    Karyawan  wajib  menjaga  kebersihan  lingkungan  kerja.

g.    Setiap  karyawan  harus  mempunyai  andil  :
•    Rasa  ikut  bertanggung  jawab.
•    Rasa  ikut  memiliki.
h.    Seorang  karyawan  haru   HEBAT  :
•    Hemat  biaya  dan  waktu.
•    Efektif  dan  efisien.
•    Bertanggung  jawab  dan  jujur.
•    Ambisi  dan  berprestasi.
•    Tertib  dan  rapi  dalam  bekerja.
i.    Karyawan  wajib  menjaga  5  R  :  Ringkas,  Resik,  Rapi,  Rawat,  Rajin.
j.    Bekerjalah  sesuai  Surat  Prosedur  Kerja.
•    Uraian  Kerja
Kegiatan  yang  dilakukan  selama  PRAKERIN  di  Dinas  Pendidikan  dan  Kebuudayaan  Kabupaten  Ciamis  banyak  sekalih  terutama  yang  menunjang  proses  kerja  tersebut  dan  di bagi  tugas  menjadi  beberapa  bagian  yang  berbeda  diantaranya  :
1.    Kedudukan  Kepala  Dinas
a.    Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  merupakan  unsur  otonomi  daerah,  di  pimpin  oleh  Kepala  Dinas  yang  berkedudukan  di  bawah  dan  bertanggung  jawab  kepada  Bupati  melalui  Sekretariat  Daerah.
b.    Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mempunyai  tugas  melaksanakan  sebagian  urusan  Pemerintahan  Daerah  meliputi  wajib  urusan  Bidang  Pendidikan,  Bidang  Kepemudaan  dan  Olahraga  berdasarkan  otonomi  dan  tugas  pembantuan.

2.    Kedudukan  Sekretariat
Sekretaris  mempunyai  tugas  melaksanakan  pengelolaan  ketatausahaan  meliputi  administrasi  umum,  kepegawaian,  keuangan,  program,  pengelolaan  tata  laksana  organisasi  serta  pemberian  layanan  teknis  administrasi  kepada  seluruh  satuan  organisasi  dinas.
a.    Sub  Bagian  Kepegawaian 
Sub  Bagian  Kepegawain  dan  Umum  mempunyai  tugas  penyusunan  rencana  formasi,  mutasi,  pengembangan  karir  pegawai,  pengelolaan  administrasi  kepegawaian,  rumah  tangga,  perjalanan  dinas,  perlengkapan,  pemeliharaan  barang  inventaris  dinas  dan  keprotokolan.
b.    Sub  Bagian  Keuangan 
Sub  Bagian  Keuangan  mempunyai  tugas  melaksanakan  penyusunan  pengelolaan  dan  penyelenggaraan  dan  administrasi  keuangan.
c.    Sub  Bagian  Program
Sub  Bagian  Program  mempunyai  tugas  penyusunan  dan  perumusan  program, Evaluasi  serta  Pelaporan  Bidang  Pendidikan,  Bidang  Kepemudaan  dan  Olahraga  berdasarkan  asas  otonomi  dan  tugas  pembantuan.

3.    Kedudukan  Bidang  Pendidikan  Dasar
Bidang  Pendidikan  Dasa  mempunyai  tugas  pelaksanaan  pembinaan,  pengelolaan  tenaga  tekni  pada  TK/SD  dan  SMP,  perumusan  dan  penyusunan  kurikulum,    kalender  pendidikan,   kesiswaan,  kelembagaan,  saran  dan  prasaran  pendidikan  TK/SD  dan  SMP.
a)    Seksi TK/SD
Seksi  TK/SD  mempunyai  tugas  pelaksanaan mengkoordinasikan  dan  melaksanakan  kegiatan  sarana  dan  prasarana  kesiswaan  dan  tenaga  teknis  pendidikan  pada  TK/SD.
b)    Seksi  SMP
Seksi  SMP  mempunyai  tugas  menyiapkan,  merumuskan,  mengkoordinasikan  dan  melaksanakan  kegiatan  sarana  dan  prasarana  pendidikan  pada  SMP. Adapun  program  pendidikan  dasar  9  tahun  yaitu  :
1.    Pembangunan  gedung  sekolah.
2.    Penambahan  ruang  kelas  sekolah.
3.    Pengadaan  alat-alat  kesenian.
4.    Pengadaan  buku perpustakaan.
5.    Rehabilitasi  sedang  maupun  berat  ruang  kelas  SD  dan  SMP.
6.    Rehabilitasi  sedang  maupun  berat  ruang  guru  sekolah.
7.    Pelatihan  Kompetensi  Siswa  Berprestasi.
8.    Kegiatan  penyusunan  bahan  ajar  dan  adminitrasi  pembelajaran.
9.    Pembinaan  minat,  bakat  kreativitas  siswa.
10.    Monitoring,  evaluasi  dan  pelaporan.
11.    Pelaksanaan  UAS SMP.
12.    Pelaksanaan  UAS-BN  SD.
13.    Sosialisasi  pelaksanaan  kurikulum  2013  jenjang  SD  dan  SMP.
14.    Lomba  siswa  berprestasi.
c)    Seksi  Kurikulum  TK/SD/SMP
Seksi  Kurikulum  TK, SD  dan  SMP  mempunyai  tugas  melaksanakan  kegiatan  pengelolaan  kurikulum  pendidikan  TK,  SD  dan  SMP.

4.    Kedudukan  Bidang  Pendidikan  Menengah
Bidang  Pendidikan  Menengah  mempunyai  tugas  pelaksanaan  pembinaan,  pengelolaan  tenaga  teknis  pada  SMA  dan  SMK,  perumusan  dan  penyusunan  kurikulum,  kalender  pendidikan,  kesiswaan,  sarana  dan  prasarana  pendidikan   SMA  dan  SMK.
a.    Seksi  SMA
Seksi  SMA  mempunyai  tugas  menyiapkan,  merumuskan,  mengkoordinasikan  dan  melaksanakan  kegiatan  dan  prasarana  pendidikan  pada  tingkat  SMA.
b.    Seksi  SMK
Seksi  SMK  mempunyaui  tugas  menyiapkan,  merumuskan,  mengkoordinasikan  dan  melaksanakan  kegiatan  saran  dan  prasarana  pendidikan  pada  SMK.
c.    Seksi  Kurikulum  SMA  dan  SMK
Seksi  Kurikulum  SMK  dan  SMK  mempunyai  tugas  penyusunan  kosep  petunjuk  teknis  pelaksanaan  penerimaan  siswa  baru  dan  Siswa  Wajib  Belajar,  Kurikulum,  Kalender  Pendidikan,  Evaluasi  Belajar  dan  Usaha  Kesehatan  Sekolah  Menengah  dan  Kejuruan.

5.    Kedudukan  Bidang  Pendidikan  Non  Formal  dan  Informal
Bidang  Pendidikan  Non  Formal  dan  informal  mempunyai  tugas  merumuskan,  mengkoordinasikan  dan  melaksanakan  kegiatan  Pendidikan  Anak Usia  Dini  (PAUD),  Pembinaan  Kursus  dan  Kelembagaan  serta  Pendidikan  Kesetaraan  dan  Pendidikan  Masyarakat.
a.    Seksi  Pendidikan Anak  Usia  Dini  (PAUD),  Pembinaan  Kursus  dan  Kelembagaan. 
Mempunyai  tugas,  melaksanakan  penyusunan  petunjuk  teknis,  perencanaan  dan  evaluasi  penyelenggaraan  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD),  Pembinaan  kursus  dan  Kelembagaan.
b.    Seksi  Pendidikan  Kesetaraan  dan  Pendidikan  Masyarakat.
Seksi  Pendidikan  Kesetaraan  dan  Pendidikan  Masyarakat  mempunyai  tugas  melaksanakan  penyusunan  petunjuk  teknis,  perencanaan  dan  evaluasi  Kesetaraan  Pendidikan  Masyarakat.
6.    Kedudukan  Bidang  Pendidikan  dan  Olahraga
Bidang  Pemuda  dan  Olahraga  mempunyai  tugas  menyusun  petunjuk  teknis  dan  program  pembinaan  Kepemudaan,  olahraga  pelajar,  dan  olahraga  masyarakat  serta  fasilitas  saran  pembinaan.
a.    Seksi  Kepemudaan
Seksi  Kepemudaan  mempunyai  tugas  menyusun,  mengkoordinasikan  dan  melaksanakan  kegiatan  pembinaan  generasi  muda. 
b.    Seksi  Keolahragaan
Seksi  Keolahragaan  mempunyai  tugas  menyusun,  mengkoordinasikan  dan  melaksanakan  kegiatan  pembinaan  keolahragaan.
7.    Kedudukan  Unit  Pelaksana  Teknis  Dinas
Pembentukan  Organisasi  dan  tata  kerja  Unit  Pelaksana  Teknis  Dinas  yang  berfungsi  sebagai  pembantu  Kepala  SOPD  yang  bertugas  dikecamatan  dan  dibentuk  atau  ditetapkan  sesuai  dengan  peraturan  perundang-undangan  yang  berlaku.
Unit  Pelaksana  Teknis  Dinas  Pendidikan  terdiri  dari  27  UPTD  Pendidikan  yang  berkedudukan  di  kecamatan,  dan  1  UPTD  SKB  yang  berkedudukan  di  ibu  kota  kabupaten.
Unit  Pelaksana  Teknis  Dinas  dipimpin  oleh  kepala  UPTD,  dalam  oprasionalnya  dibantu  oleh  para  pengawas  TK/SD,  Penilik   dan  beberapa  orang  staf.
8.    Kelompok  Jabatan  Fungsional
Kelompok  Jabatan  Fungsional  mempunyai  tugas  melaksanakan  sebagian  fungsi  dinas  sesuai  dengan  keahlian  dan  kebutuhan.

3.2.    Laporan  Proses  Kerja
Dalam  proses  kerja  ini  yang  dilakukan  penulis  selama  prakerin  di  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  yaitu  :
a.    Mengagendakan  surat  masuknndan  surat  keluar.
b.    Mendistribusikan  surat  masuk  ke  bidang  lain.
c.    Membantu  mengarsipkan  surat  masuk  dan  surat  keluar.
d.    Mengagendakan  surat  masuk  ke dalam  buku  kendali.
e.    Penomoran  surat  keluar.
f.    Menggandakan  surat.
g.    Print-out  mutasi siswa.
h.    Menginput  data  ke  dalam  komputer.
i.    Menyusun  SPJ  dan  SPPD.
j.    Merekap  keadaan  guru  di  tiap  sekolah.
k.    Melegalisir  ijazah.
l.    Memberi  stempel  pada  ijazah
m.    Merekap  data  rekonsiliasi  dana  BOS
n.    Merekap  pengeluaran  kegiatan  UN  dan  UAS  2014.

3.3.    Kemudahan  dan  Kendala  Dalam  Bekerja
3.3.1.    Kemudahan
Kemudahan  dalam  pelaksanaan  kegiatan  Prakerin  di  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  banyak  sekali  faktor-faktor  pendukung  yang  mendukung  kami  dalam  kegiatan  Prakerin  ini  yaitu  terdiri  dari  factor  internal  dan  eksternal.
Faktor  internalnya  seperti  para  pembimbing  kami  dari  sekolah  yang  telah  membantu  dan  mendukung  kami  supaya  bisa  bekerja  dengan  baik  dan  benar.
Faktor  eksternalnya  yaitu  para  pembimbing  kami  di  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  yang  mengajarkan  kami  bagaimana  cara  bekerja  dengan  benar  dan  rapi  serta  mengajarkan  dan  memberitahu  kami  apabila  ada  kesalahan  dalam  proses  bekerja.
3.3.2.    Kendala
Setelah  kami  melaksanakan  Prakerin  di  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Ciamis  banyak  kendala-kendala  yang  kami  temukan  dalam  proses  bekerja,  diantaranya  :
a.    Dalam  proses  bekerja  kurangnya  ruangan,  tempat  duduk  dan  meja  kantor.
b.    Kurangnya  ventilasi  di  dalam  ruangan.  Sehingga  sedikit  mengganggu  kami  dalam  proses  bekerja.
c.    Merasa  sedikit  jenuh  apabila  tidak  ada  pekerjaan.

BAB  IV
PENUTUP

4.1.    Simpulan
Dari  hasil  laporan  dan  dari  hasil  praktek  kerja  industry  (Prakerin)  tersebut  dapat  saya  simpulkan  bahwa  sangatlah  besar  peran  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  bagi  masyarakat  luas,  karena  setiap  manusia  tidak  bisa  lepas  dari  Sistem  Pendidikan.
Selama  kegiatan  Praktek  Kerja  Industri  (Prakerin)  berlangsung  dan  berakhir,  banyak  sekali  manfaat  yang  bisa  kita  ambil,  contohnya  :
a.    Pembentukan  sikap  untuk  menghargai  suatu  pekerjaan.
b.    Pembentukan  rasa  tanggung  jawab  pada  diri  kita  masing-masing  dalam  melaksanakan  sesuatu.
c.    Pembentukan  sikap  disiplin  dan  mandiri.
Adapun manfaat dari prakerin yaitu :
1    Bagi  Sekolah
•    Menjamin  tercapainya  tujuan  pendidikan  dalam  rangka  memberi  keahlian  profesional  bagi  peserta  didik.
•    Memberi  kepuasan  bagi  sekolah  karena  lulusannya  memperoleh  bekal  yang  bermakna  baik  untuk  kepentingan  tamatan,  dunia  kerja  maupun  kepentingan  bangsa.


2    Bagi  Perusahaan
•    Perusahaan  dapat  mengenal  secara  langsung  kualitas  peserta  didik  yang  belajar  dan  bekerja  diperusahaannya.
•    Keikut sertaan  peserta  didik  dalam  proses  produksi  selama  pendidikan  akan  lebih  menguntungkan  perusahaan.
3    Bagi  Peserta  Didik
•    Hasil  belajar  akan  lebih  bermakna  karena  setelah  tamat akan  benar-benar  memiliki  keahlian  profesionalsebagai  bekal  peningkatan  taraf  hidupnya.
•    Keahlian  professional  yang  diperoleh  dari  prakerin  dapat  mengangkat  harga  diri  dan  rasa  percaya  diri  yang  akan  memotivasimereka  untuk  meningkatkan  keahlian  profesinya  pada  tingkat  yang  lebih  tinggi.

4.2.    Saran
1.    Bagi  Sekolah
•    Pihak  sekolah  seharusnya  lebih  selektif  dalam  memilih  tempat  prakerin  bagi  peserta  prakerin.
•    Lebih  ditingkatkan  kembali  intensitas  monitoring  dan  evaluasi  peserta  prakerin,  baik  disaat  peserta  sedang  melakukan  prakerin  maupun  pada  saat  peserta  melakukan  penyusunan  laporan.


2    Bagi  Pembimbing  Prakerin
•    Untuk  Pembimbing  dari  pihak  sekolah  agar  lebih  memperhatikan  peserta  prakerin  sehingga dapat  mngetahui  perkembangan  peserta  prakerin.
•    Selalu  bersedia  jika  peserta  prakerin  ingin  melakukan  pembimbingan.
3    Bagi  Perusahaan
•    Terus  ditingkatkan  lagi  kinerja  saat  ini  agar  menjadi  lebih  baik  lagi.
•    Lebih  ditingkatkan lagi  kelengkapan  fasilitas  untuk  menunjang  seluruh  pekerjaan.
•    Tetap  menerima  siswa  siswi  yang  ingin  melakukan  kegiatan  Prakerin  yang  sesuai  dengan  program  keahlian  masing-masing.  Khususnya  dalam  program  keuangan.
•    Ditingkatkan  kembali  disiplin  kerja  yang  sudah  ada  saat  ini.
•    Upayakan  lebih  sabar  dalam  memberikan  pengarahan  kepada  peserta  prakerin  agar  peserta  prakerin  dapat  dengan  mudah  memahami  pekerjaan  yang  diberikan  oleh  pembimbing  prakerin.
•    Semoga  selalu  menjalin  kerjasama  yang  baik  antara  pihak  sekolah  dengan  pihak  perusahaan  agar  pihak  sekolah  dapat  dengan  mudah  mencari  tempat  prakerin.
•    Agar  melengkapi  fasilitas-fasilitas  yang  belum  tersedia.

DAFTAR  PUSTAKA

•    Sri  Maulani  Rindi  2013/2014.  LAPORAN  PRAKTEK  KERJA  INDUSTRI.Rancah : SMK  NEGERI  1  RANCAH

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...