Contoh Proposal usaha makanan (pembuatan kue/gorengan)
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kepada Alloh SWT karena atas rahmat dan
keridoannya,kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Alloh akan
bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor, dan umumnya
masyarakat.
FRIMA RIZKY FOOD ialah nama yang kami buat untuk kegiatan usaha ini,yang begerak di bidang produksi kue ( gorengan).
Kami
sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi
saran, dan masukan–masukannya untuk kelancaran usaha ini. Khususnya
kepada dosen pembimbing kami, yang sangat berperan dalam pengarahan
kegiatan usaha ini.
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar...................................................................................... 1
Bab 1 Profil Perusahaan
A. Deskripisi Umum Perusahaan............................................... 4
B. Riwayat Perusahaan.............................................................. 4
C. Visi dan Misi Perusahaan...................................................... 4
D. Jenis Usaha yang Dikelola..................................................... 5
E. Jenis Usaha yang Direncanakan............................................ 5
Bab II Kegiatan Pasar dan Pemasaran
A. Lingkungan Usaha................................................................ 6
B. Kondisi Pasar........................................................................ 6
C. Rencana Pemasaran............................................................... 6
Bab III Faktor Penghambat dan Pendukung
A. Faktor Penghambat .............................................................. 7
B. Faktor Pendukung................................................................. 7
C. Analisis SWOT...................................................................... 8
Bab IV Aspek Produksi
A. Alokasi Usaha ........................................................................ 10
B. Fasilitas dan Peralatan Produksi............................................. 10
C. Bahan Baku............................................................................ 11
D. Proses Produksi...................................................................... 12
E. Proses Pengerjaan.................................................................... 13
Bab V Aspek Keuangan
A. Drap Anggaran bisnis............................................................. 14
Bab VI Penutup
A. Antisipasi Masa Depan.. 17
B. Kesimpulan.................... 17
Lampiran
A. Struktur Organisasi Perusahaan.............................................. 18
BAB I
PROFIL PERUSAHAAN
A. Deskripsi Umum Perusahaan
FRIMA RIZKY FOOD merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan kue (gorengan).
Kegiatan usaha ini bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.
B. Riwayat Perusahaan
FRIMA
RIZKY FOOD dibentuk oleh kami untuk berwirausaha dan sebagai
implementasi dari mata kuliah manajemen industri jurusan pendidikan
teknik elektro, Fakultas Pendidikan Kejuruan dan Teknologi, Universitas
Pendidikan Indonesia.
C. Visi dan Misi Perusahaan
VISI
Dengan
berlandaskan iman dan taqwa FRIMA RIZKY FOOD menjadi salah satu
perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia.
MISI
1. Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten serta memiliki imtaq dan iptek yang kuat.
2. Memuaskan konsumen.
3. Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
4. Memperluas
lapangan kerja untuk kemakmuran mahasiswa dan masyarakat sekitar tempat
produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
D. Jenis Usaha yang Dikelola
FRIMA
RIZKY FOOD bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan kue (gorengan).
Kami memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan
kebutuhan dan dengan skill yang kami miliki serta faktor pendukung
yang memadai untuk megembangkan usaha ini.
E. Jenis Usaha yang Direncanakan
Kami
sepakat untuk membuat suatu usaha di bidang makanan yaitu pembuatan kue
(gorengan). Dengan jenis kuenya yaitu Risol, Molen, Dadar Gulung, dan
Pastel. Kami yakin usaha ini akan berkembang dengan baik karena kami
sudah menjalin kerjasama dengan beberapa warung, kantin-kantin di setiap
fakultas UPI, KOPMA UPI, serta beberapa kantin universitas lainnya.
BAB II
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN
A. Lingkungan Usaha
Di
Bandung tepatnya di Gegerkalong jenis usaha di bidang makanan khususnya
kue memiliki peluang yang sangat menjajikan, karena makanan adalah
kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah
mahasiswa UPI sekitar lebih dari 50.000 mahasiswa dan penduduk di
Gegerkalong dan sekitarnya. Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan
usaha pembuatan kue (gorengan), karena ditunjang dari banyaknya
peluang dalam mengembagkan jenis usaha ini.
B. Kondisi Pasar
Jika
melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama,
memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi
berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa
yang lebih enak, ukuran yang lebih besar, harga yang ekonomis, dan yang
paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin produk yang
kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran.
C. Rencana Pemasaran
Dengan
usaha kue (risol, pastel, molen, dan darlung) yang sudah memiliki
pelanggan tetap, maka kami akan menambah pemasarannya dengan membuat
brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya, sehingga akan ada banyak
yang membantu untuk mengembangkan usaha ini. Seperti mahasiswa yang
menjual di kampus, dan menurut pengalaman cara ini berhasil dengan baik.
BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
Setiap
usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses
seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan
menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.
A. Faktor penghambat tersebut diantaranya :
1. Banyaknya usaha yang sama
2. Harga bahan baku yang tidak stabil.
Tapi
kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat
tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap
anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor
yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya
dengan membeli bahan baku langsung kepada petani setempat agar
memperoleh harga yang lebih murah.
B. Faktor pendukung usaha ini diantaranya :
1. Kondisi tempat, dan peralatan yang memadai
2. Higienis dan harga yang relatif terjangkau
3. Merupakan salah satu bagian produk yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
C. ANALISIS SWOT
a. Strength (kekuatan)
i. Memiliki SDM dengan etos kerja yang baik.
ii. Memiliki
banyak relasi pemasaran, seperti warung, kantin-kantin di setiap
fakultas UPI, KOPMA UPI, serta beberapa kantin universitas lainnya.
iii. Harga produk ekonomis dan higienis
iv. Inovasi rasa yang berbeda dengan produk lainya.
b. Weakness (kelemahan)
i. Kurangnya modal untuk menjalankan bisnis ini
ii. Harga bahan baku yang tidak stabil
c. Opportunity (peluang/kesempatan)
i. Mitra kerja yang banyak
ii. Budaya masyarakat yang konsumtif
d. Threat ( hambatan)
i. Banyaknya kompetitor yang bergerak dibidang yang sama
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
A. Alokasi Usaha
FRIMA RIZKY FOOD berlokasi di jalan Gegerkalong Girang gang Gegersuni 1 NO 82.
Kami
memilih lokasi tersebut, karena tempatnya dekat dengan daerah
pemasaran. yaitu disekitar kampus-kampus terkemuka, dan warung-warung
yang dekat dengan lokasi usaha tersebut.
B. Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Kompor gas
|
2 buah
|
Rp. 800.000,-
|
Gilingan
|
1 buah
|
Rp. 400.000,-
|
Katel
|
1 buah
|
Rp. 40.000,-
|
Penyaring
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Susuk
|
1 buah
|
Rp. 10.000,-
|
Box Plastik
|
20 buah
|
Rp. 300.000,-
|
Tabung Gas
|
2 buah
|
Rp. 200.000,-
|
Pengocok
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Plastik
|
-
|
Rp. 50.000,-
|
Baskom
|
4 buah
|
Rp. 80.000,-
|
Teplon
|
1 buah
|
Rp. 70.000,-
|
Nampan
|
1 buah
|
Rp. 20.000,-
|
Lain-lain
|
-
|
Rp. 100.000,-
|
TOTAL JUMLAH
|
Rp. 2.100.000,-
|
C. Bahan Baku
Bahan baku yang kami gunakan adalah:
I. PASTEL
| ||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Terigu
|
5 Kg
|
Rp. 25.000,-
|
Telur
|
3 Biji
|
Rp. 3.000,-
|
Mentega
|
¼ Kg
|
Rp. 7.500,-
|
Bumbu
|
-
|
Rp. 5.000,-
|
Minyak Goreng
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Bihun
|
1 Kg
|
Rp. 9.200,-
|
Wortel
|
5 Kg
|
Rp. 22.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 96.450,-
|
II. RISOL
| ||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Terigu
|
8 Kg
|
Rp. 40.000,-
|
Telur + Tepung Roti
|
-
|
Rp. 9.000,-
|
Wortel
|
10 Kg
|
Rp. 45.000,-
|
Kentang
|
1 Kg
|
Rp. 3.000,-
|
Bumbu
|
-
|
Rp.5.000,-
|
Minyak
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 126.250,-
|
III. MOLEN
| ||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Pisang
|
10 Kg
|
Rp. 30.000,-
|
Terigu
|
3 Kg
|
Rp. 15.000,-
|
Gula Tepung
|
½ Kg
|
Rp. 5.000,-
|
Mentega
|
¼ Kg
|
Rp. 7.500,-
|
Minyak
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 81.750,-
|
IV. DADAR GULUNG
| ||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Terigu
|
3 Kg
|
Rp. 15.000,-
|
Gula
|
¼ Kg
|
Rp. 2.500,-
|
Pewarna + Pengharum
|
-
|
Rp. 3.000,-
|
Kelapa + Gula Aren
|
-
|
Rp. 15.000,-
|
Minyak
|
1,5 Kg
|
Rp. 17.500,-
|
Gas
|
-
|
Rp. 6.750,-
|
Jumlah Total
|
Rp. 59.750,-
|
JENIS MAKANAN
|
BIAYA
|
I. PASTEL
|
Rp. 96.450,-
|
II. RISOL
|
Rp. 126.250,-
|
III. MOLEN
|
Rp. 81.750,-
|
IV. DADAR GULUNG
|
Rp. 59.750,-
|
TOTAL BIAYA
|
Rp. 364.200,-
|
D. Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini diantaranya :
a) Menyiapkan bahan yang akan digunakan
b) Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan
c) Memulai proses pengerjaan
d) Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih baik (finishing).
E. Proses Pengerjaan
Dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari : Senin – sabtu
Waktu : 03.00 – 06.00 WIB
15.00 – 17.00 WIB
BAB V
ASPEK KEUANGAN
A. Rencana produksi
1. Jenis produk = Kue (risol, pastel, dadar gulung, molen)
2. Jumlah produksi = 1225 biji/hari = 31850 biji/bulan
B. Biaya tetap
1. Sewa rumah = Rp.700.000 / bulan
2. Peralatan = Rp.2.100.000 +
Jumlah = Rp.2.800.000
C. Biaya variabel
1. Bahan baku = Rp.364.200/ hari
= Rp.9.469.200/ bulan
2. Biaya overhead :
- Listrik = Rp.100.000/bulan
- Air minum = Rp.60.000/bulan
- P3K = Rp.40.000/bulan
- lain-lain = Rp.100.000/bulan +
Jumlah = Rp.9.769.200
*1 bulan kerja dihitung 26 hari
D. Total Cost = Rp.9.769.200
E. Rencana pemasaran bulan pertama
- Harga pokok = total cost / jumlah produksi
= Rp.9.769.200/31850
= Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah
- Harga jual : = Rp.500
BEP unit untuk bulan pertama
500 x = 310x+2.800.000+0
(500-310) x = 2.800.000
x = 2.800.000/190
x = 14737
Maka, 14737/1225=12 hari
26 hari-12 hari= 14 hari
Jadi,
untuk mengembalikan semua biaya dengan keuntungan 0 rupiah kue harus
terjual 14737 buah sedangkan untuk menjual kue sebanyak 14737 buah itu
diperlukan waktu sebayak 12 hari. Masa produksi dalam sebulan adalah 26
hari, jadi keuntungan yang diperoleh dibulan pertama ini adalah hasil
dari penjualan dalam 14 hari tersebut.
Revenue
1= 14 hari x1225x 500= Rp.8.757.000 kemudian, dikurangi gaiji pegawai
tetap sebesar 900000 x 7 orang = Rp.6.300.000. maka,8.757.000-6.300.000=
2.457.000, jadi keuntungan bersih bulan pertama adalah Rp.2.457.000.
itu jika seandainya semua biaya yang dikeluarkan ingin kembali dalam
produksi bulan pertama.
F. Rencana pemasaran bulan kedua
- Harga pokok = total cost / jumlah produksi
= Rp. Rp.9.769.200/31850
= Rp.306.7 dibulatkan Rp.310 /buah
- Harga jual = Rp.500
BEP unit untuk bulan selanjutnya :
500 x = 310x+700.000+0
(500-310) x = 700.000
x = 700.000/190
x = 3684.2 dibulatkan 3685
Maka, 3685/1225=3.5 hari
26 hari- 3.5hari = 22.5 hari
Revenue
2= 22.5 hari x1225x 500= Rp.13.781.250 dikurangi gaiji pegawai tetap
sebesar 900000 x 7 orang = Rp.6.300.000. maka, 13.781.250 -6.300.000=
7.481.250, jadi keuntungan bersih bulan kedua dan selanjutnya adalah Rp.
7.481.250.
BAB VI
PENUTUP
A. ANTISIPASI MASA DEPAN
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan
secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan
kami, agar para peminat dan konsumen puas atas kue yang kami buat.
Karena apabila kualitas kue kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar
usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.
B. KESIMPULAN
Menurut
kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami
sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena
dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan
setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung
berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan
dan mengembangkan usaha ini.
LAMPIRAN
A. Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur Organisasi
FRIMA RIZKY
Pimpinan Perusahaan : Firman Fathulrohman
Bendahara : Yuda Sukmana
Pemasaran : Ai Fitri Silvia
Fhatarani H. A.
Produksi : Riva Nihayatul Ma’rifah
Yuda M. Hamdani
Radi Suhardiman
0 komentar:
Posting Komentar