Contoh Proposal kegiatan pesantren kilat/diklat di bulan ramadhan
I. PENDAHULUAN
Anak – anak dengan segala vitalitasnya menyimpan sejumlah potensi yang patut di kembangkan. Dimasa depan mereka merupakan pelaku utama dalam perubahan masyarakatnya, sehingga maju mundurnya kehidupan mendatang ada di tangannya. Dan bagaimana mereka sukses dijamannya amat tergantung kepada keseriusan dalam menanggapi suatu informasi, mereka dalam membiasakan dirinya untuk menjadi generasi yang berkepribadian Islami yang tangguh (syakhshiyah Islamiyah) yaitu memiliki pemikiran, perasaan dan perilaku yang mulia sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. Keteguhan dalam menjaga aqidah, ketulusan dalam berprilaku sosial (mu’amalah), disertai dengan kepatuhan dalam beribadah.
Sejalan dengan pemikiran di atas, serta untuk mengoptimalkan hadirnya bulan Ramadhan sebagai Syahrul Tarbiyah, maka kami selaku pengurus KKG PAI Kecamatan Menteng Jakarta Pusat, sebagaimana rutinitas tahun-tahun sebelumnya, mengadakan paket pembinaan kepribadian Islam bagi seluruh peserta didik melalui kegiatan Pesantren Kilat.
II. DASAR KEGIATANDasar Kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1. Al – Qur’an dan Hadits
2. Pancasila dan UUD 1945
3. Juklak dari Kemenag dan Kemdikbud
4. Program Kerja KKG PAI
5. Keputusan Pimpinan/Instansi terkait serta hasil musyawarah/rapat intern Panitia Pesantren Kilat
III. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan pesantren kilat adalah sebagai berikut :
1. Melaksanakan Program Kerja
2. menumbuhkembangkan Keimanan dan ketaqwaan melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
3. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta / siswa dapat terjadi perubahan sikap baik ucapan, tindakan atau perbuatan dan juga perubahan rohaninya yang tak terlupakan sepanjang hayatnya.
IV. NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan : Pesantren Kilat Ramadhan 1433 H /2012 M SD/MI Se-Kecamatan Menteng Jakarta Pusat.
Tema kegiatan : “Terbentuknya Pelajar yang berwawasan luas, berakhlakul karimah dan bertaqwa kepada Allah SWT”
V. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
a. Waktu Kegiatan : Jum’at – Sabtu , 3 – 4 Agustus 2012
b. Tempat Kegiatan : SDN Menteng 03 Pagi
VI. PESERTA
Seluruh peserta adalah siswa dan siswi perwakilan 27 Sekolah SD/ MI di Kecamatan Menteng. Setiap sekolah diwakili oleh Sepuluh (10) anak putra/putri yang berasal dari Kelas : V dan VI (muslim dan muslimah) dengan jumlah seluruhnya 270 siswa.
VII. TUTOR / PEMATERI
Guru-guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Menteng dan Guru-guru lain yang berkompeten dari Kecamatan Menteng.
VIII. PANITIA KEGIATAN
Panitia kegiatan terdiri dari:
1) Para guru Pendidikan Agama Islam se-Kecamatan Menteng
2) Guru yang ditunjuk oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) kecamatan menteng.
3) Kepanitiaan ( terlampir )
IX. ANGGARAN KEGIATAN ( Terlampir )
X. JADWAL KEGIATAN ( Terlampir )
XI. PENUTUP
Demikian proposal kegiatan pesantren kilat Ramadhan 2011 ini kami susun dengan harapan mendapat dukungan dari semua pihak. Kita harapkan dengan terlaksananya kegiatan ini akan dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amin.
Jakarta, 23 Juli 2012
PANITIA PELAKSANA
KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M
SD/MI SE- KEC. MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT
Ketua Sekretaris
HIDAYATULLAH, S.PdI MUHAIMIN PUTRA, S.PdI
Mengetahui
Kepala Seksi Dinas Dikdas Pengawas Pendidikan Agama Islam
Kecamatan Menteng Kecamatan Menteng
Drs. TAUFIQ RAHMAN, M.Si Hj. SITI RUQOYAH T.S, S.Ag
NIP. 196502121992031009 NIP. 195710211982032001
Lampiran 1 :
SUSUNAN PANITIA PELAKSANA
KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M
SD/MI SE- KEC. MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT
Pelindung : Camat Menteng
Penasehat : Kasi Dinas Dikdas Kecamatan Menteng
Penanggungjawab : 1. Pengawas Pendais Kec. Menteng
2. K3S Kec. Menteng.
3. PGRI Kec. Menteng
Ketua Panitia : Hidayatullah, S.PdI
Wakil Ketua : Warya A. Nasrullah, M.PdI
Sekretaris : Muhaimin Putra, S.PdI
Wakil Sekretaris : Nurhayati, S.Ag
Bendahara : Yuniar, S.Pd
Wakil Bendahara : Ating Mutiah, S.Ag
Seksi Kesekretariatan : Seksi Acara :
1. Nurhayati, S.Ag. 1. H. Syamsudin, S.Pd
2. Muhaimin Putra, S.PdI 2. Warya A. Nasrullah, M.Pd.I
3. Isma 3. H.M.Mukarom, S.Ag.
4. Rilaniar 4. Siti Rahmianti, S.Ag
5. Izzudin, S.Pd.I 5. Heri Pujianto
6. Fauzan 6. Mustari
7. Edi Suryana 7. Supri
8. Baron Jaya Santika, S.Pd
9. Maman Suparman, S.Pd
Seksi Humas : Seksi Konsumsi :
1. Faizin, S.Ag. 1. Ating Mutiah, S.Ag
2. Sopiandi 2. Hj. Mundiroh, S.Pd
3. Enis Nisaiyah, S.Pd
Seksi Perlengkapan:
1. Qomaddin, S.Ag. Seksi Dokumentasi :
2. Satoto, S.PdI 1. Dede Adianto, S.Pd
3. T. Sunarti, S.Ag. 2. Indah
4. Mukhozin, S.Ag. Seksi Dana :
5. Badiatul Badariah, S.Ag. 1. Hj. Herawati
6. Sundiyah 2. Hj. Siti Khairani, S.Ag.
7. Muhammad, S.Ag.
8. Rachmawati, S.Ag. Seksi Keamanan dan Kebersihan :
9. Zunarniwati Penjaga Sekolah SDN Menteng 03 Pagi
10. Wadjijo
11. Asep Setiawan, S.Pd
Lampiran 2 :
ANGGARAN DANA/BIAYA
KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M
SD/MI SE- KEC. MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT
A. PENGELUARAN
NO
|
U R A I A N
|
JUMLAH ( Rp )
|
1
|
Kesekretariatan / Administrasi
|
4.795.000
|
a. Penggandaan Proposal
b. Spanduk @ 2 x Rp. 300.000
c. Name Tag @ 310 x Rp. 1.500
d. Piagam peserta dan panitia @ 310 x Rp. 3.000
e. ATK
f. Penggandaan Materi @ 300 x Rp. 5.000
|
300.000
600.000
465.000
930.000
1.000.000
1.500.000
| |
2
|
Konsumsi
|
20.000.000
|
a. Konsumsi Peserta @ 2x270 x Rp. 25.000
b. Konsumsi Panitia dan Undangan @ 2x50 x Rp. 25.000
c. Konsumsi Buka Bersama para Kepala Sekolah @ 80 x Rp 50,000,-
|
13.500.000
2.500.000
4.000.000
| |
3
|
Dokumentasi dan Publikasi
|
2.500.000
|
a. Dokumentasi
b. Publikasi
|
1.000.000
1.500.000
| |
4
|
Pemberi Materi / Pembimbing
|
8.100.000
|
a. Tutor/ penceramah dari luar @ 3 x Rp. 700.000
b. Tutor / Pemateri dari dalam @ 30 x Rp. 200.000
|
2.100.000
6.000.000
| |
5
|
Humas
|
500.000
|
6
|
Kebersihan dan keamanan
|
1.000.000
|
7
|
Biaya tak terduga
|
3.689.500
|
J u m l a h
|
36.895.000
| |
Terbilang : Tiga puluh enam juta delapan ratus Sembilan puluh lima ribu rupiah
|
Kebutuhan biaya tersebut di atas dibebankan kepada pihak sekolah yang ada di kecamatan Menteng, per siswa dikenakan RP. 5.000,00 ( Lima ribu rupiah ),sehingga dengan estimasi jumlah siswa ada 5.000 siswa, maka akan terkumpul dana sebesar RP. 25.000.000,00 ( Dua puluh lima juta rupiah ). Adapun kekurangan dana yang ada diharapkan dapat tertutupi dari K3S SD, MKS Sanggar SMP, IGTK dan para donatur.
Catatan :
Dana dari tiap Sekolah diserahkan ke bendahara ( IBU YUNIAR, S.Pd / IBU ATING MUTIAH, SAg ) Paling lambat hari Rabu, 1 Agustus 2012.
Lampiran 3 :
JADWAL ACARA
KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M
SD/MI SE- KEC. MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT
NO
WAKTU
ACARA
PENAGGUNG JAWAB
Sabtu,
3 Agust 2012
1
07.30 - 08.30
Registrasi peserta, pembagian ID Card
Panitia
dan materi Sanlat
2
08.30 - 09.00
Pembukaan :
− Pembacaan Kalam Illahi
− Laporan Panitia Pelaksana
Ketua Panitia
- Sambutan Kasi Dikdas Kec. Menteng
Drs. Taufiq Rohman, M.Si
− Pembukaan Acara
Camat Menteng
− Pengarahan acara
Panitia
− Doa
H.M. Mukarom, S.Ag
3
09.00 - 10.15
Materi I : Kontrak Belajar
Tutor
4
10.15- 11.45
Materi II : Dinul Islam
Tutor
5
11.45 - 12.00
Persiapan shalat Dhuhur
Panitia
6
12.00 - 13.00
Shalat Dhuhur berjamaah dan Kultum
Panitia
7
13.00 - 14.30
Mater III : Aqidah ( Keimanan ) dan Akhlak
Tutor
8
14.30 - 15.25
Materi IV : Ibadah
Tutor
9
15.30 - 16.00
Shalat Ashar berjamaah
Panitia
10
16.00 – 16.45
Mandi dan persiapan buka puasa
Panitia
11
16.45 - 17.55
Ceramah Menjelang Buka Puasa Bersama
Ust. Drs. Nurul Huda
12
18.00 - 19.00
Buka puasa, Shalat Maghrib berjamaah
Panitia
13
19.00 - 20.00
Shalat Isya dan Tarawih berjamaah
Panitia
14
20.00 - 21.30
Materi VI : Sirah Nabawiyah
Tutor
Minggu,
4Agust 2012
15
21.30 - 03.00
Mimpi Indah
Panitia
16
03.00 - 03.45
Materi VII : Muhasabah
Tutor
17
03.45 - 04.30
Makan Sahur
Panitia
18
04.30 - 05.00
Persiapan Shalat Subuh
Panitia
19
05.00 - 05.30
Shalat Subuh berjamaah dan kultum
Panitia
20
05.30 - 06.00
Jalan Pagi
Panitia
21
06.00 - 07.30
Mandi
Panitia
22
07.30 - 09.00
Materi VIII : Sejarah Kebudayaan Islam
Tutor
23
09.00 - 10.30
Materi IX : Ilmu Pengetahuan dalam Islam
Tutor
24
10.30 - 11.30
Pemutaran Film Pendidikan (Film Islami )
Tutor
25
11.30 – 12.00
Persiapan shalat Dhuhur
Panitia
26
12.00 - 13.00
Shalat Dhuhur berjamaah dan kultum
Panitia
27
13.00 - 13.30
Beres- Beres Persiapan Penutupan
Panitia
28
13.30 - 14.30
Penutupan oleh Pengawas PAI
Hj. Siti Ruqayah
Catatan :
1. Jadwal acara dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi dan kondisi
2. Peserta Sanlat Ramadhan 2012 wajib mengikuti jadwal acara dan mentaati peraturan / tata tertib yang berlaku
3. Perlengkapan yang harus dibawa atau dikenakan peserta, yaitu :
a. Wajib memakai busana muslim dan muslimah warna putih
b. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 2 buah
c. Membawa baju pengganti yaitu baju muslim dan baju/kaos untuk tidur
d. Perlengkapan/peralatan mandi
e. Perlengkapan shalat,
f. Obat-obatan pribadi
g. Selimut untuk tidur
h. Makanan ringan (snack) untuk pribadi
Lampiran 4 :
PANITIA PELAKSANA
KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M
SD/MI SE- KEC. MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT
Sekretariat : Jln. Cilacap No. 5, Menteng, Jakarta Pusat Telp. (021) 3147961
FORMULIR PENDAFTARAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : ………………………………………………………………………………
NIP/NRK : ………………………………………………………………………………
Jabatan : Kepala Sekolah
Unit Kerja : ………………………………………………………………………………
Dengan ini mohon untuk dicatat sebagai peserta Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 2012 atas nama :
Peserta Laki-laki Peserta Perempuan
1. ..................................... 1. .........................................
2. ..................................... 2. .........................................
3. ...................................... 3. .........................................
4. ...................................... 4. .........................................
5. ...................................... 5. .........................................
Adapun data peserta lengkap terlampir.
Demikianlah data ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Jakarta, Agustus 2012
Kepala Sekolah
__________________
NIP.
Lampiran 5 :
PANITIA PELAKSANA
KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M
SD/MI SE- KEC. MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT
Sekretariat : Jln. Cilacap No. 5, Menteng, Jakarta Pusat Telp. (021) 3147961
DATA PESERTA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : ………………………………………………………………
Tempat dan tanggal lahir : ……………………………………………………………..
Jenis Kelamin : ………………………………………………………………
Hobby/Kegemaran : ………………………………………………………………
Alamat : ………………………………………………………………
Sekolah Asal : ………………………………………………………………
Nama Orang Tua : ………………………………………………………………
Pekerjan Orang Tua : ………………………………………………………………………
Pendidikan Orang Tua : ………………………………………………………………
No. Telp / Hp : ………………………………………………………………
Dengan ini siap mengikuti Pesantren Kilat Ramadhan 2012 selama 2 (dua) hari dari tanggal 3 – 4 Agustus 2012 dan akan mematuhi semua peraturan yang berlaku dalam kegiatan tersebut.
Jakarta, Agustus 2012
Mengetahui/Menyetujui Yang Membuat / Peserta
Orang Tua
__________________ ___________________
sumber: hidayatullah75.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar